16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pertamina Menemukan Cadangan Gas Baru di Cepu Jatim

Jakarta, MISTAR.ID
PT Pertamina (Persero) menemukan cadangan gas baru di Cepu, Jawa Timur.
tempat cadangan gas baru itu ditemukan setelah Pertamina EP saat melakukan pengembangan pengeboran sumur eksplorasi Kolibri (KOL)-001 di selatan wilayah kerja Onshore Cepu. Pengeboran sumur eksplorasi tersebut memiliki objektif utama di Batugamping Formasi Kujung.

Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Mohammad Kemal mengatakan pihaknya dan Pertamina EP saat ini masih melakukan evaluasi untuk mengetahui nilai kandungan gas.

“Tim masih bekerja untuk memantau volume aliran gas dan pembersihan lokasi pemboran, temuan cadangan ini merupakan kolaborasi semua pihak untuk terus berkomitmen melakukan eksplorasi untuk meningkatkan produksi migas nasional,” ujar Kemal dalam keterangan resmi, dikutip dari detik, Senin (24/10/22).

Baca juga:Harga Minyak Anjlok Pasca Risalah Fed dan Pelepasan Cadangan Besar IEA

Tajak Sumur Eksplorasi Kolibri (KOL)-001 dimulai sejak 3 Juli 2022 dengan kedalaman mencapai 2592 FTMD pada 2 Oktober 2022, hingga menemukan indikasi Hirokarbon Gas. Para pekerja divisi operasi Pertamina EP dibawah pengawasan SKK Migas masih melakukan pemantauan keseimbangan gas yang keluar dari sumur eksplorasi.

Sementara itu, hasil positif dari validasi sumber daya minyak dan gas juga terjadi di wilayah kerja PHE ONWJ yang merupakan Regional 2 Bekasi Jawa Barat. Berdasarkan hasil validasi Sumur GQX-1 maka sumber daya secara kluster GQ-GQS-GQX mencapai 106,8 juta BOE.

Baca juga:Pertamina Beberkan Gas PT Horas Teknik Jaya Bermasalah di Simalungun

Temuan antara 100 hingga 500 juta BOE masuk dalam kategori penemuan very large atau big fish, setara dengan kurang lebih temuan sumur eksplorasi Hidayah oleh Petronas yang sekarang sudah memasuki POD.

Kemal mengatakan SKK Migas dan Pertamina terus melakukan eksplorasi secara masif, agresif dan efisien untuk mengejar target 1 Juta barel minyak dan 12 BSCFD Gas pada 2030 mendatang. (cnn/hm06)

Related Articles

Latest Articles