12.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pertamina Bidik Tambahan Produksi LPG 330.000 Ton dari Kilang Balikpapan

Jakarta, MISTAR.ID

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menargetkan tambahan kapasitas produksi liquefied petroleum gas (LPG) sebesar 330.000 metrik ton per tahun dari proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan.

Saat ini, rata-rata produksi LPG dari KPI stabil di level sekitar 900.000 metrik ton. Seluruh kapasitas produksi LPG dari grup Pertamina itu hasil dari pengolahan minyak mentah.

“Ke depan, bila pengembangan kilang Balikpapan selesai dapat menambah produksi LPG sekitar 330.000 metrik ton per tahun,” ujar Corporate Secretary PT KPI, Hermansyah Y Nasroen, Jumat (9/2/24).

Lewat potensi tambahan produksi dari proyek peningkatan kapasitas kilang Balikpapan itu, neraca impor gas tabung nantinya bisa sedikit dipangkas dari posisi yang terlanjur lebar saat ini.

“Produksi LPG dari KPI beberapa tahun terakhir stabil di kisaran 900.000-an metrik ton,” sebutnya.

Baca Juga : Pertamina Buka Suara Terkait Pengunduran Diri Ahok

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) berhasil mengunci pendanaan US$3,1 miliar setara dengan Rp46,18 triliun (asumsi kurs Rp14.898 per dolar AS) untuk merampungkan proyek RDMP Balikpapan tersebut.

Direktur Keuangan Pertamina, Emma Sri Martini menuturkan, pendanaan dari Export Credit Agency (ECA) dan beberapa commercial bank itu bakal ikut mendukung kelanjutan proyek ekspansi kilang yang ikut jadi proyek strategis nasional (PSN) pemerintah.

“Sudah mau closing, fasilitas yang kita peroleh kurang lebih US$3,1 miliar, saat ini proyek masih on the track sudah 72 persen progresnya,” ujarnya beberapa waktu lalu. (bc/hm24)

Related Articles

Latest Articles