17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Pemerintah Pastikan Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni, Meski Harga Minyak Dunia Bakal Naik

“Itu (simulasi) yang akan kami sampaikan untuk pihak terkait. Kemudian diharapkan bisa jadi pengambilan keputusan,” sebut Tutuka.

Diketahui, kondisi global sedang dihadapkan dengan insiden konflik antara Iran dengan Israel. Permusuhan terbaru antara Iran dan Israel ini dipicu serangan terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024.

Iran kemudian melancarkan serangan balasan dengan menembakkan puluhan rudal balistik dan ratusan drone ke Israel pada Sabtu malam (13/4/24). Serangan itu, menurut Israel, berhasil digagalkan dan hanya mengenai sebuah pangkalan udara militer di Israel, tetapi tidak menimbulkan kerusakan serius.

Baca juga : Imbas Iran Serang Israel, Pemerintah Indonesia: Subsidi dan Kompensasi Bakal Meroket

Atas kondisi tersebut, Indonesia menyatakan keprihatinan atas eskalasi situasi keamanan di Timur Tengah dan menyerukan agar Iran dan Israel saling menahan diri.

“Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB segera bertindak untuk meredakan ketegangan dan terus berupaya menciptakan perdamaian di Timur Tengah ini,” ujar Kementerian Luar Negeri RI melalui media sosial X pada Minggu (14/4/24) malam.

Adapun sejumlah dampak yang disoroti merupakan kemungkinan peningkatan harga minyak hingga 100 dolar AS per barel. Berdasarkan data Kementerian ESDM, ICP per 12 April 2024 sebesar 89,51 dolar AS per barel. (republika/hm18)

Related Articles

Latest Articles