8.5 C
New York
Thursday, April 18, 2024

Pemerintah Pastikan Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni, Meski Harga Minyak Dunia Bakal Naik

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan berubah hingga bulan Juni 2024, meski harga minyak dunia bakal mengalami kenaikan.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji memastikan harga BBM tidak akan berubah hingga bulan Juni 2024, meskipun saat ini terjadi eskalasi konflik antara Iran dengan Israel.

“Iya, harga BBM masih seperti itu (tidak berubah sampai Juni),” terang Tutuka dalam webinar yang dilihat, Senin (15/4/24).

Baca juga : Serangan Iran ke Israel Berdampak ke Perekonomian Indonesia, Termasuk BBM

Pernyataan itu disampaikannya saat disinggung mengenai kemungkinan kenaikan harga BBM akibat prediksi meningkatnya harga minyak dunia dalam webinar bertajuk “Ngobrol Seru Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI” yang digelar oleh Eisenhower Fellowships Indonesia Alumni Chapter.

Dikatakan Tutuka, saat ini pemerintah masih menunggu respons Israel terhadap serangan Iran. Ia menilai kecenderungan dunia tidak ingin harga minyak yang terlalu tinggi.

“Ini faktor yang sangat kuat untuk pertimbangan lebih jauh tentang eskalasi,” jelasnya.

Meskipun begitu, Kementerian ESDM sudah melakukan simulasi-simulasi dampak eskalasi konflik di Timur Tengah terhadap harga minyak, bersama berbagai parameter seperti kurs, ICP (Indonesian Crude Oil Price) atau harga patokan minyak mentah Indonesia, serta faktor-faktor lainnya.

Related Articles

Latest Articles