29.4 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Jelang Idul Adha, Harga Daging Sapi Sentuh Rp130 Ribu, Inflasi Siantar Merangsek

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2024, harga kebutuhan pokok terkhusus daging sapi di Pasar Kota Pematangsiantar menyentuh angka Rp 130 ribu.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kota Pematangsiantar, Herbet Aruan menyampaikan, harga daging sapi masih cukup stabil. Pihaknya senantiasa berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama memantau pergerakan harga daging.

“Per 11 Juni 2024, harga daging sapi paha belakang di Pasar Dwikora dan Pasar Horas Rp 130 ribu per kilogramnya. Sementara harga daging sapi tetelan Rp 85 ribu per kilogramnya,” sebutnya saat dikonfirmasi, pada Rabu (12/6/24).

Baca juga:Kendalikan Inflasi, Pemkab Sergai Gelar Pasar Murah Khusus Jual Daging Sapi

Herbet menerangkan, harga bahan pokok tertinggi lainnya disusul oleh ikan teri dengan rincian Rp 95 ribu per kilogram dan udang basah Rp 80 ribu per kilogramnya.

Hal senada, Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ), Bolmen Silalahi mengatakan, harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan mekanisme pasar. Kata dia, memasuki awal Juni 2024, komoditi pangan khususnya holtikura mulai menurun.

“Sekitar 10 sampai 15 persen dari bulan sebelumnya,” kata dia kepada mistar.id.

Disebutkan, 3 teratas harga komoditi pangan pasar di antaranya, daging ayam ras turun Rp 3 ribu pada dari harga Rp 37 ribu pada bulan Mei. Bawang merah turun ke harga Rp 44 ribu dari Rp 52 ribu di bulan Mei. Sedangkan cabai merah pada Juni di angka Rp 50 ribu dari harga Mei Rp 55 ribu.

Baca juga:Harga Daging Sapi di RPH Pematangsiantar Bertahan Rp130.000 per Kilogram

“Dalam mendekati Idul Adha, harga daging sapi saat ini masih stabil di angka Rp 130 ribu per kilogram dengan jumlah pengunjung relatif stabil dengan bulan yang lalu. Belum ada terjadi lonjakan pengunjung dalam menyambut Hari Raya Idul Adha,” pungkasnya.

Melansir data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pematangsiantar, laju inflasi month to month (m-to-m) bergeser naik di 2 bulan terakhir.

BPS mencatat, tingkat inflasi (m-to-m) Kota Pematangsiantar bulan Mei 2024 mengalami inflasi sebesar 0,58 persen. Sedangkan April 2024, tingkat inflasi Kota Pematangsiantar bulan ke bulan mengalami deflasi sebesar 0,19 persen atau awamnya disebut inflasi -0,19 persen. (jonatan/hm16)

Related Articles

Latest Articles