19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Ini Ternyata Biang Kerok Ambruknya FTX yang Bikin Pemiliknya Kehilangan Rp219 T

Jakarta, MISTAR.ID

Beberapa hari belakangan ini perusahaan pertukaran (exchanger) kripto, FTX dikabarkan mengalami kehancuran akibat kejatuhan harga aset kripto. Imbasnya harta kekayaan pemiliknya anjlok 90%.

Saat FTX mengalami penurunan yang signifikan, pesaing beratnya yakni Binance kabarnya ingin mengakuisisi FTX. Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan perusahaan.

Bak ksatria putih yang akan menyelamatkan FTX. Tetapi nyatanya rencana itu dibatalkan di tengah-tengah jalan. Dengan begitu FTX tengah diambang ketidakpastian.

Baca juga:Kripto Global Ambruk, Apa Kabar Investasi Koin Digital di Indonesia ?

Mengutip dari Reuters, Jumat (11/11/2022) menurut beberapa orang yang mengetahui masalah FTX, keterpurukan perusahaan disebabkan oleh pendirinya sendiri yakni Sam Bankman-Fried, kabarnya dia beberapa bulan terakhir malah sibuk menyelamatkan perusahaan kripto lainnya.

Tiga orang yang dekat dengan operasi perusahaan juga mengatakan beberapa kesepakatan juga malah membuat perusahaan tambah merugi.

Puncaknya FTX dan Binance saling menyalahkan antara persaingan tersebut. Hingga akhirnya FTX kini tengah mencari pendanaan untuk menyelamatkan perusahaan.

Menurunnya harga FTX telah membuat kekayaan pemiliknya, Sam Bankman-Fried anjlok. Tidak hanya FTX, ia juga pemilik dari Alameda, sebuah rumah perdagangan kripto.

Baca juga:Harga Kripto Melejit: Wow! Token Gacoan Elon Musk Jadi Rebutan

Beberapa hari belakangan ini nilai tukar dari kripto FTX mengalami penurunan signifikan. Kekayaannya yang saat ini tercatat di Bloomberg Billionaire Index adalah US$ 15 miliar. Jika menurun sebanyak 94%, hartanya diperkirakan hanya tersisa US$ 1 miliar saja. Itu artinya hartanya sebanyak US$ 14 miliar atau setara Rp 219 triliun (kurs Rp 15.700) lenyap.

Disebutkan dalam sehari saja, Bankman-Fried diperkirakan akan keluar dari daftar orang terkaya di dunia. Indeks Bloomberg mengasumsikan bahwa dia dan semua investor lain yang menggantungkan hartanya di kripto akan mengalami kerugian. (detik/hm06

Related Articles

Latest Articles