20.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

IHSG dan Harga Emas Menguat, Rupiah Terpantau Stabil Cenderung Melemah  

Medan, MISTAR.ID

Kinerja sejumlah bursa di Asia bergerak sideways pada perdagangan pagi ini, Selasa (28/5/2024). Minimnya agenda ekonomi membuat pasar keuangan berpotensi bergerak dalam rentang yang sempit.

Data ekonomi yang mampu menjadi penggerak pasar adalah rilis data indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat (AS), yang diproyeksikan akan melemah dibandingkan dengan realisasi bulan April sebelumnya di level 97.

“IHSG pada sesi perdagangan pagi dibuka menguat 1% lebih di level 7.270. Sementara itu, mata uang Rupiah ditransaksikan melemah di level 16.070 per US Dolar. Rupiah terpantau melemah tipis, meskipun sejauh ini fluktuasinya mencerminkan bahwa Rupiah masih relatif stabil dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya,” kata Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (28/5/2024).

Baca juga: IHSG Bergerak Sideways, Rupiah Kembali Melemah ke 16.000

Sementara untuk kinerja IHSG, sekalipun pada sesi perdagangan pagi mengalami penguatan. Namun dorongan IHSG untuk menguat lebih besar hingga sesi penutupan perdagangan akan terasa sulit.

“IHSG berpeluang untuk ditransaksikan paling aktif di kisaran level 7.230 hingga 7.270. Faktor teknikal masih akan menjadi sentimen penggerak IHSG pada perdagangan hari ini,” sebutnya.

Disisi lain, kinerja harga emas dunia ditransaksikan menguat di level $2.353 per ons troy nya. Emas diuntungkan jelang rilis data indeks kepercayaan konsumen AS yang diproyeksikan akan mengalami penurunan.

Sementara, sejumlah indikator ekonomi AS seperti imbal hasil US Treasury 10 Tahun yang relatif stabil dengan kecenderungan melemah juga menguntungkan kinerja Emas pada hari ini. (anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles