24.5 C
New York
Friday, May 3, 2024

Ekonom Prediksi Neraca Dagang April 2023 Surplus

Jakarta, MISTAR.ID

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memperkirakan neraca dagang akan surplus 3,25 miliar dolar AS di April 2023, atau sedikit meningkat dari surplus 2,91 miliar dolar AS.

“Secara tahunan, baik ekspor maupun impor cenderung melemah di tengah libur Lebaran 2023 dibandingkan tahun sebelumnya,” kata Faisal dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Ia memperkirakan ekspor akan terkontraksi 21,20 persen secara tahunan di April 2023 karena pada tahun 2022, libur Lebaran jatuh pada bulan Mei sehingga hari kerja di April lebih panjang.

“Selain itu, harga komoditas terus menurun di tengah lesunya pertumbuhan global,” imbuhnya.

Ia juga memperkirakan impor akan terkontraksi 7,50 persen secara tahunan pada April 2023.

Baca juga : Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2023 Naik Jadi 5 Persen

“Kegiatan terkait investasi juga cenderung melambat di tengah jatuhnya harga komoditas dan lingkungan suku bunga yang tinggi,” katanya.

Sementara  neraca transaksi berjalan akan mengalami defisit yang terkendali sebesar 0,65 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) atau lebih kecil dari perkiraan sebelumnya sebesar 1,1 persen dari PDB.

Adapun pada 2022 neraca transaksi berjalan tercatat surplus 1 persen dari PDB.

Kinerja ekspor ke depan diperkirakan akan terus melemah akibat penurunan harga komoditas yang didorong oleh melemahnya permintaan global, di tengah tingginya inflasi dan berlanjutnya kenaikan suku bunga kebijakan.

Surplus neraca dagang diperkirakan terus menyusut, tapi dapat bertahan lama dari perkiraan, karena harga komoditas akan turun lebih perlahan lantaran ekonomi China yang dibuka kembali, pengurangan produksi minyak OPEC+, dan penurunan produksi beberapa komoditas di tengah kemungkinan El Nino. (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles