19.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dirut Bluebird Mengatakan Bahwa Transportasi Adalah Tulang Punggung Ekonomi

Jakarta, MISTAR.ID

Menurut Sigit Djokosoetono, Direktur Utama PT Bluebird Tbk, karena transportasi merupakan bagian penting dari ekonomi, sektor ini akan terus berkembang.

Sigit mengatakan bahwa sektor transportasi, termasuk transportasi publik, selalu dibutuhkan oleh masyarakat umum dan bisnis untuk mengangkut barang dan jasa.

Sigit juga mengatakan bahwa transportasi publik diharapkan lebih terintegrasi.”Transportasi merupakan tulang punggung ekonomi itu benar. Jadi kalau barang enggak gerak, orang enggak gerak, itu enggak bisa. Kita lihat saja pandemi (COVID-19) kemarin, enggak gerak semuanya, ekonomi jadi pelan,” ujar Sigit saat berbincang dengan ANTARA di Kantor Perum LKBN ANTARA Jakarta, Rabu.

Menurut Sigit, dalam waktu dekat, kendaraan listrik akan mendominasi industri transportasi publik.

Baca juga : Jokowi Berharap Terminal Amplas Mampu Mendorong Budaya Transportasi

Ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk mengurangi jejak karbon dan meningkatkan kelestarian lingkungan: mengurangi emisi sebesar lima puluh persen pada tahun 2030 dan mencapai emisi zero karbon pada tahun 2060.

Industri transportasi juga akan menerapkan sistem otomasi seperti mobil tanpa pengemudi atau mobil tanpa pengemudi. Namun, pelaku industri harus tetap mempertimbangkan kenyamanan penumpang, terutama pelanggan jasa.

Bagi Sigit, yang terpenting dari sebuah transformasi transportasi adalah keamanan dan kenyamanan penumpang.

Baca juga : Kepala Negara Hingga Delegasi Gunakan Kendaraan Listrik di KTT ke-42 ASEAN

“Kami selalu melihat perkembangan dalam transportasi itu fokus kita pada manusianya. Apapun teknologi, misalnya sangat otomatis, tetap harus ada sistem dan orang yang menjalankan di belakangnya dan memastikan layanannya berjalan,” pungkas Sigit. (Antara/hm19)

Related Articles

Latest Articles