13.9 C
New York
Friday, April 12, 2024

Pengguna Kendaraan Listrik Minim, SPKLU Parapat Sepi Pengunjung

Simalungun, MISTAR.ID

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun jarang dikunjungi. Hal itu lantaran masih minimnya pengguna kendaraan listrik di daerah itu.

Amatan mistar.id di lokasi, Senin (25/3/24) tak seorang pun petugas yang berjaga di tempat isi ulang daya kendaraan listrik yang diresmikan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga pada 7 Juni 2022 lalu.

Supervisor Teknik PLN ULP Parapat Riski Dwi Ananda mengatakan, dalam kurun waktu satu bulan, pihaknya hanya melayani beberapa kendaraan listrik yang sedang melintas di kawasan Parapat.

“Pernah juga dalam satu bulan tidak ada yang mengisi disini, kalaupun ada pengisian hanya kendaraan yang melintas dari Medan menuju Kabupaten Toba. Kalau di daerah ini belum ada yang punya (kendaraan listrik),” kata Riski yang ditemui di kantor PLN ULP Parapat.

Baca juga: 1.000 Kuota Mudik Gratis Disediakan PLN, Bisa Naik Bus atau Kereta Api

“Itu palingan yang ngisi, atau kendaraan dari Sibolga mau ke Medan, karena itu tadi, masih terbatas yang punya mobil listrik disini,” katanya lagi.

Kendati demikian, Riski bilang, pada momen hari besar dan ada event pihaknya selalu mendapat konsumen. “Biasanya kalau ada momen hari besar dan ada event, pasti ada itu yang mengisi, kemudian kendaraan listrik kan bisa juga di isi ulang dirumah, paling yang sedang diperjalanan saja,” ujarnya.

Dalam sekali pengisian daya kendaraan listrik, kata dia, akan memakan waktu 2 sampai 3 jam sesuai dengan daya yang dibutuhkan kendaraan. Sekali pengisian dibebankan biaya sekitar Rp 80.000.

SPKLU PLN di Parapat
SPKLU PLN di Parapat. (f: indra/mistar)

“Tergantung isi daya berapa, kalau sistem pembeliannya per kWh, jadi ada yang mengisi misalnya 20 kWh, ada 50 KWh. Harga dan waktu pengisiannya juga bervariasi, disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan,” kata Riski.

Sementara itu, seorang warga yang tinggal disekitar SPKLU Parapat Janaek Sidabutar (58) mengatakan hal senada. Dia bilang, sangat jarang pengunjung datang untuk mengisi daya kendaraan listrik.

“Kalau masyarakat sedikit, paling yang berlibur dari Medan. Tetapi kalau kendaraan milik PLN sering mengisi, disini pun hanya satu yang punya, dan dia lebih sering di Medan,” kata Sidabutar.

Sebagai tambahan, SPKLU PLN ULP Parapat terletak di Jalan Lintas Sumatera No 44, Tiga Raja. Bagi pemilik dan pengemudi kendaraan listrik yang ingin mengisi daya di kawasan Parapat dapat langsung melakukan pengisian di SPKLU yang berada di sekitar terminal Parapat. (Indra/hm20)

Related Articles

Latest Articles