18.2 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Dalam Waktu Dekat Bapanas Pastikan Harga Gula Nasional Naik

Jakarta,MISTAR.ID

Harga gula nasional akan naik dalam waktu dekat, menurut Badan Pangan Nasional (Bapanas). Selain itu, Badan Pangan Nasional mengatakan akan mengeluarkan aturan yang mengatur harga gula baru.

“Oke, perbadanan gula akan kita siapkan dalam waktu dekat,” kata Arief Prasetyo Adi, Kepala Bapanas, dalam rekaman yang diterima RRI pada Selasa (27/6/23).

Ia memberikan penjelasan tentang berbagai langkah yang diambil untuk mencapai penyesuaian harga gula nasional. seperti yang dibahas di rakor, atau rapat koordinasi terbatas, hingga surat ke Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Udah Satu Tahun Harga Gula Tak Kunjung Turun

Dia mengatakan bahwa dia telah menerima izin dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk menetapkan harga gula baru secara nasional segera, dan dia meminta semua orang untuk menunggu aturan resmi.

Kita sudah menulis semua, jadi kami juga mengirimkan rakortas. Namun, saya mendapatkan konfirmasi dari kemenkoperekonomian bahwa itu harus segera dilakukan, karena ada rakornis di belakangnya.

Diketahui bahwa Bapanas berencana menaikkan harga gula domestik. Harga gula di tingkat petani naik dari Rp11.500 per kilogram menjadi Rp12.500 per kilogram.

Selanjutnya, harga gula konsumen di Pulau Jawa naik dari Rp13.500 menjadi Rp14.500 per kilogram. Di wilayah Timur Indonesia dan 3T, yang berarti terdepan, terpencil, dan tertinggal, harganya naik dari Rp14.500 menjadi Rp15.500 per kilogram.  (KBRN/hm19)

Related Articles

Latest Articles