9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

BI Siantar Buka Penukaran Uang Baru TE 2022, Ini Lokasi dan Besar Paketnya

Pematang Siantar, MISTAR.ID

Sebagai distribusi tahap awal kepada masyarakat di wilayah kerjanya, Perwakilan Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar membuka layanan penukaran uang baru Tahun Emisi 2022 mulai tanggal 19 Agustus 2022.

Penukaran uang itu akan dilakukan melalui kas keliling di 5 lokasi yang ada di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun. Seperti disampaikan Deputi Perwakilan BI Pematang Siantar, Abdul Haris, Kamis (18/8/22).

“Kas keliling dari Bank Indonesia akan melayani penukaran ke masyarakat langsung. Karena memang jumlahnya juga terbatas, distribusi uang ini juga terbatas, tetapi tetap perlu kita upayakan bisa beredar di masyarakat,” ujar Abdul didampingi Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar, Teuku Munandar.

Baca juga: Gubernur Sumut Terima Uang Baru Bernomor Seri Tanggal Kelahiran

“Nantinya di kas keliling itu akan ada batasan jumlah uang yang ditukar, ada paket-paketnya. Tetapi sebelum saya sampaikan paket-paketnya, saya coba sampaikan lokasinya. Kami akan melakukan kas keliling setiap hari di lokasi yang berbeda,” cecarnya lebih lanjut.

Pada tanggal 19 Agustus 2022, kata Abdul, penukaran uang akan ada di Lapangan Parkir Pariwisata di tugu BSA. Kemudian, pada Senin tanggal 22 Agustus 2022 di komplek Mega Land Jalan Sang Naualuh. Pada Selasa, 23 Agustus di Pasar Horas dan 24 Agustus di Pasar Dwikora.

“Terakhir 25 Agustus di Beringin Jalan Medan (Kabupaten Simalungun,red). Untuk penukaran, mulai jam 09.00 WIB sampai jam 12.00 WIB,” ungkap Abdul yang saat itu juga turut didampingi petinggi Perwakilan BI Pematang Siantar lainnya yaitu Kamaruzaman.

“Paketnya sementara ini, ada paket penukaran itu untuk 100 ribu, 50 ribu, 20 ribu dan 10 ribu, ini masing-masing satu lembar, kemudian 5 ribu dan seribu itu dua lembar, kemudian 2 ribu itu 4 lembar. Jadi totalnya 200 ribu, masyarakat nanti membawa 200 ribu untuk ditukarkan. Ini masih sementara ya, karena memang mekanisme paket inikan tujuannya untuk memperkenalkan tahap awal,” jelasnya.

BI Pematang Siantar, kata Abdul, juga mendistribusikannya ke Perbankan mulai hari Senin tanggal 22 Agustus 2022.”Jumlahnya juga terbatas, jadi belum kami distribusikan skala besar, sehingga masyarakat mulai Senin atau Selasa, mungkin tergantung kesiapan perbankannya untuk menukarkan uang baru ini. Judulnya sama, distribusi tahap awal ke masyarakat,” tandasnya.

Baca juga: BI Luncurkan 7 Uang Baru, Ini Beda Fisik TE 2022 dengan TE 2016

Terkait pemesanan penukaran uang, lebih lanjut dijelaskan oleh Kamaruzaman. Ia mengatakan pemesanan penukaran melalui kas keliling dilakukan melalui aplikasi Pintar yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

“Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB dengan jadwal penukaran uang mulai 19 Agustus 2022. Pelaksanaan penukaran dilaksanakan dengan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah,” tutupnya. (ferry/hm09)

Related Articles

Latest Articles