12.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Apa Jadinya Jika Ekspor Benih Lobster Kembali Dilakukan?

Jakarta, MISTAR.ID

Pemerintah Indonesia kembali mewacanakan akan melakukan ekspor benih lobster. Wacana ini disampaikan Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Tb Haeru Rahayu beberapa hari lalu.

Menanggapi masalah ini, Sekretaris Jenderal Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara), Susan Herawati menyatakan bahwa Indonesia akan mengalami kerugian jika membuka kembali ekspor benih lobster.

Menurutnya, negara penerima benih lobster dari Indonesia akan menjadi pihak yang diuntungkan.

“Jika sumber daya kita habis karena diekspor, produksi tidak akan bertambah. Pengelolaan dan pemeliharaan lobster juga tidak akan berkembang karena semua sumber daya diekspor,” ujarnya pada Selasa (6/2/24).

Baca juga: Ekspor Benih Lobster Mau Dibuka Lagi, Susi Pudjiastuti: Demi Apa?

Susan menyatakan bahwa penegakan hukum yang buruk terhadap penyelundupan lobster seharusnya diperbaiki oleh pemerintah daripada membuka kembali ekspor benih lobster.

Ia juga menilai, alasan pemerintah untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui ekspor benih lobster tidaklah tepat. Baginya, PNBP yang diperoleh tidak memberikan dampak besar kepada masyarakat, terutama mereka yang tinggal di daerah pesisir.

Related Articles

Latest Articles