5.1 C
New York
Monday, January 30, 2023

Ini 4 Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan Mental

Jakarta, MISTAR.ID

Meditasi menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Kamu mungkin mengetahui bahwa manfaat meditasi bisa membantu menenangkan pikiran dan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan damai.

Namun, sebenarnya meditasi juga bisa membuat kamu lebih fokus kepada berbagai hal yang menyenangkan. Inilah sebabnya, mereka yang rutin melakukan meditasi bisa mendapatkan kedamaian batin dan lebih fokus.

Tak berbeda dengan kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga penting. Kamu bisa melakukan meditasi secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaat baiknya, antara lain:

Baca Juga:Agar Tubuh Rileks, Ini Cara Meditasi yang Benar

  1. Mengontrol depresi dan kecemasan

Manfaat meditasi yang pertama adalah membantu kamu mengendalikan depresi dan kecemasan. Aktivitas ini dapat membantu pikiran untuk selalu terfokus pada kondisi saat ini, sehingga kamu tidak lagi merasa cemas karena terus memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi pada masa depan.

Jika kamu melakukannya secara rutin, meditasi bisa membantu mengurangi rasa cemas, stres, dan depresi. Oleh karena itu, meditasi kerap menjadi salah satu opsi perawatan kesehatan mental. Selain itu, meditasi juga dapat mengurangi kesulitan tidur, suasana hati yang buruk, dan penurunan nafsu makan.

  1. Melawan rasa candu

Meditasi bisa mengubah penerima otak yang memiliki hubungan dengan kecanduan alkohol dan obat terlarang, yang akhirnya membantu mengurangi keinginan orang-orang untuk mengonsumsi zat tersebut.

Baca Juga:Menari Bisa Melawan Depresi, Begini Penjelasannya

Kemudian, aktivitas ini juga membantu meningkatkan kesadaran. Ini berarti, kamu akan lebih mudah dalam mengelola gejala kecanduan dengan lebih baik. Terkait dengan hal tersebut, melatih kesadaran sebenarnya bisa mencegah diri mengalami kambuh untuk para pengguna alkohol dan obat terlarang.

Sebab, meditasi dapat memberikan efek terapeutik. Efek ini dapat membantu mengatur otak ketika kamu sedang merasakan kesenangan.

  1. Meningkatkan kesadaran dan harga diri

Manfaat meditasi yang tak kalah pentingnya adalah membuat kamu bisa merefleksikan diri lebih dalam lagi. Alhasil, kamu bisa mengidentifikasi semua hal positif yang ada pada diri sendiri. Tak hanya itu, meditasi juga bisa membangun kesadaran diri dan rasa empati untuk orang lain.

Baca Juga:Meditasi dan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Tekanan Darah

Oleh karena itulah, tidak sedikit orang yang mengatakan meditasi dapat membuat kamu lebih mudah menemukan pandangan baru ketika menghadapi suatu masalah dan mengurangi kecemasan yang mungkin terjadi.

  1. Membantu menjaga kesehatan emosi serta fungsi memori

Meditasi bisa kamu lakukan dengan beberapa cara. Ternyata, ada bentuk meditasi yang bisa meningkatkan gambaran diri serta pandangan hidup ke arah yang pastinya jauh lebih baik.

Baca Juga:Meditasi Cara Alami Mengatasi Kecemasan

Sebab, meditasi akan membantu kamu membuang semua pikiran negatif dan mengendalikan respons yang cenderung berlebihan setiap kali kamu berhadapan pada situasi yang tidak menyenangkan.

Sementara itu, stres menunjukkan efeknya penurunan fungsi memori. Rutin melakukan meditasi bisa membuat kamu bisa berpikir jernih dan menjaga memori tetap berfungsi optimal. Tak ketinggalan, manfaat meditasi lainnya yaitu mendukung orang-orang yang memberikan perawatan kepada anggota keluarga yang sedang berjuang dengan kondisi demensia. (halodoc/hm14)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
3,686FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Articles