16 C
New York
Wednesday, April 17, 2024

Waktu yang Tepat Masak Cumi Biar Nggak Alot

MISTAR.ID

Cumi merupakan hidangan laut yang sering kali penyajiannya menjadi alot karena terlalu lama dimasak. Ada beberapa metode pengolahan cumi, seperti digoreng, ditumis, dibakar, dan sebagainya.

Oleh karena itu, diperlukan waktu yang pas dalam proses memasak agar cumi mempertahankan kelembutan dan teksturnya yang empuk. Lalu, berapa lama waktu yang ideal untuk memasak cumi agar empuk dan tidak alot?

Menurut informasi dari La Cucina Italiana, Jumat (5/1/24), disarankan agar cumi dimasak selama 3 menit saja. Durasi tersebut dianggap cukup untuk menjaga kelembutan dan tekstur cumi.

Jika cumi dimasak lebih dari 3 menit, risikonya adalah teksturnya akan menjadi terlalu kenyal dan kenyal seperti karet. Bagaimana kalau terlanjur dimasak terlalu lama?

Baca juga: Cumi Saus Tiram Pedas ala Restoran

“Tak apa. Anda dapat memasaknya hingga 30 menit. Kemudian merebusnya dalam air mendidih selama 1 menit. Setelah merebus, segera masukkan cumi ke dalam air dingin untuk membuatnya empuk,” tulis pernyataan di La Cucina Italiana.

Berbeda saat cara memasaknya dipanggang. Cumi mengandung tingkat kelembapan yang tinggi, sehingga sulit matang saat dipanggang. Pastikan lebih mengeringkan cumi dengan tisu sebelum memanggangnya.

“Ini dilakukan agar permukaannya tidak terlalu lembab. Setelah itu, panggang dengan minyak agar tidak menempel pada panggangan,” tambahnya.

Baca juga: 2 Resep Nasi Goreng untuk Sarapan Sehat

Terakhir, hindari memanggang terlalu lama agar daging cumi tetap empuk.

“Sekitar 3-5 menit saja dipanggang setelah permukaannya berwarna kecokelatan,” tutupnya. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles