7.2 C
New York
Friday, April 19, 2024

Alasan Kenapa Naik Pesawat Selalu dari Sebelah Kiri

MISTAR.ID

Pernah terpikir kenapa kita selalu saat naik pesawat dari sebelah kiri? Ini berlaku untuk pesawat komersial dengan jumlah penumpang yang banyak ya. Tidak untuk pesawat kecil dengan hanya dua kursi.

Alasannya, bandara sejak awal didirikan dengan tujuan agar pesawat dapat berjalan di depan terminal. Pesawat dapat berhenti di depan terminal agar bisa dengan mudah menurunkan penumpang.

“Konsep tersebut sangat berguna bagi pilot untuk mengukur jarak sayap pesawat dari bangunan terminal serta menempatkan pintu pesawat berdekatan dengan pintu terminal,” kata seorang pilot komersial, Andrew Stagg, Rabu (9/8/23).

Baca juga: Ternyata, Tenun Pernah Jadi Mata Pelajaran di Sekolah

Dilanjutkannya, fungsi pintu pesawat dibuat di sebelah kiri untuk membantu menjauhkan mereka dari area landasan pacu, dimana proses pengisian bahan bakar pesawat sedang berlangsung.

Kemudian, konvensi yang sama juga dilakukan oleh kapal laut. Dimana, posisi kanan pelabuhan mengacu pada kemudi kapal laut atau lebih dikenal dengan starboard. Posisi inilah yang kemudian menjadi acuan untuk transportasi udara.

“Posisi kemudi ini mempengaruhi bahwa sisi pelabuhan adalah tempat keberangkatan dan penurunan penumpang. Oleh karena itu, sebagian besar perancangan dan tata letak pesawat mengikuti konvensi yang sama,” tambahnya. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles