18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis Konsisten Bantu Kaum Dhuafa dan Anak Yatim

Batu Bara, MISTAR.ID
Konsisten dan tidak kunjung henti serta tetap bersemangat, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis terus memperhatikan serta menyalurkan bantuan kepada kaum dhuafa dan anak yatim di wilayah hukum Polres Batu Bara.

Bahkan, Ketua Dewan Pembina Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) tersebut juga menyambangi pesantren dan rumah zikir, serta tokoh lintas agama, sekaligus menyerahkan bantuan.

Terdorong dari keprihatinan menyaksikan masyarakat lapisan terbawah yang mengais rezeki demi menyambung hidup, serta melihat wajah polos dan sendu para anak yatim yang ditemuinya, sosok sederhana dan familiar AKBP Ikhwan Lubis terketuk menyalurkan bantuan.

Ketika dirinya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis mencetuskan gagasan membantu lebih banyak lagi kaum dhuafa dan anak yatim. AKBP Ikhwan menggagas pembentukan satu wadah untuk menampung bantuan dari donatur, dan selanjutnya mendistribusikan bantuan kepada yang berhak.

Baca Juga:Perkuat Kamtibmas Di Masa Covid-19, Kapolres Batu Bara Temui Tokoh Agama Dan Masyarakat

Wadah yang lahir 16 Agustus 2019 tersebut diberi nama Komunitas Sedekah Jumat disingkat KSJ. Melalui KSJ yang awalnya terbentuk di wilayah Medan Utara atau Belawan, AKBP Ikhwan selain menggunakan dana pribadi, juga menggugah pengusaha maupun perusahaan agar menyisihkan sedikit dari rezekinya untuk warga kurang mampu atau kaum dhuafa.

Bagai gayung bersambut, akhirnya banyak pengusaha dan perusahaan yang dengan ikhlas memberikan bantuan dana melalui KSJ yang digagas AKBP Ikhwan Lubis. Kini ketekunan dan keikhlasan AKBP Ikhwan Lubis menolong sesama yang diselimuti kesusahan, menarik minat berbagai kalangan untuk ikut serta.

Maka dengan ratusan relawan, KSJ telah memiliki kantor pusat di Medan. Selain kantor pusat di Medan, seiring perpindahan AKBP Ikhwan Lubis dari Polres Pelabuhan Belawan menjadi Kapolres Batu Bara, KSJ telah berdiri di 10 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Semenjak menjabat sebagai Kapolres Batu Bara, Kamis 19 Desember 2019 lalu, AKBP Ikhwan Lubis langsung mendirikan KSJ di Kabupaten Batu Bara sekaligus menyantuni ratusan kaum dhuafa dan anak yatim.

Untuk lebih mengefektifkan penyaluran bantuan, perwira polisi kelahiran tahun 1964 tersebut telah menginstruksikan jajarannya hingga Bhabinkamtibmas, untuk terus mendata warga kurang mampu dan anak yatim agar dapat dibantu.

Bahkan, Kapolres Batu Bara yang dekat dengan wartawan ini telah menugaskan Kasat Binmas Polres Batu Bara mengkoordinir pelaksanaan penyaluran bantuan, sekaligus mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Didorong rasa simpati dan kekaguman dengan kepedulian AKBP Ikhwan Lubis terhadap sesama, Kasat Binmas AKP Muhammad Syafi’i beserta 4 kapolsek jajaran, dengan ikhlas tanpa henti mendatangi warga yang kesusahan terlebih akibat dampak Covid-19.

Banyak program yang dicetuskan AKBP Ikhwan Lubis saat menjabat sebagai Kapolres Batu Bara, seperti bakti sosial sedekah Jumat melalui KSJ, dan peningkatan ketahanan pangan serta program Kamtibmas.

Baca Juga:Kapolres Batu Bara AKBP Panen Ikan Lele

Seluruh jajaran termasuk polsek diinstruksikan AKBP Ikhwan Lubis untuk mendukung ketahanan pangan. Dengan memanfaatkan lahan terbatas serta kerjasama dengan masyarakat sekitar, seluruh polsek bertanam sayuran atau beternak.

“Hasil panen ini seluruhnya kita serahkan kepada warga sekitar bersama sembako untuk meningkatkan ketahanan pangan”, ucap Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis saat panen ikan lele hasil budidaya Polsek Labuhan Ruku, baru-baru ini.

Program paling anyar Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, dan baru dilaksanakan Selasa 11 Agustus 2020, adalah program gerebek bansos.

Program ini dimaksudkan AKBP Ikhwan Lubis agar mereka yang sehari-hari berjuang hidup untuk menyelamatkan keluarganya bisa mendapatkan rezeki yang tidak disangka-sangka.

“Ini rezeki yang murni dari Tuhan melalui tangan personil kepolisian. Saya berharap ini dapat terus dilakukan agar semua masyarakat yang membutuhkan bisa menikmati rezeki bersama keluarganya di rumah,” harap Kapolres AKBP Ikhwan Lubis.

Target pertama gerebek bansos jatuh kepada Ibu boru Sitorus (45) warga Dusun Batu Toha Desa Laut Tador Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara. Boru Sitrus merupakan seorang janda cerai mati beranak dua tanpa penghasilan tetap.

Kesehariannya untuk memenuhi kebutuhan dua anaknya, boru Sitorus terpaksa mencari buah sawit yang berjatuhan yang biasa di sebut grendel (brondolan). Grendel selanjutnya dijual kepada pengepul sawit di daerahnya dengan imbalan Rp20 ribu. Uang tersebutlah yang dicukupkan boru Sitorus menghidupi kedua anaknya yang masih sekolah.

Baca Juga:Kapolres Batu Bara Minta Masyarakat Pahami Makna New Normal

Sebagaimana nama programnya, Kasat Binmas Polres Batu Bara AKP Muhammad Syafi’i menemui Ibu boru Sitorus di areal kebun sawit tempatnya mengais rezeki.

Ibu ini tidak mampu menyembunyikan rasa kagetnya didatangi polisi di tengah kebun sawit. Lebih kaget lagi ketika tanpa diduga, Kasat Binmas memberikan bantuan sembako kepadanya. Masih diliputi rasa kaget dan bingung, Ibu boru Sitrus hanya terpaku dan terharu menerima rezeki grebek bansos dari Polres Batu Bara.

Kepedulian sosok Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis terhadap kaum dhuafa dan anak yatim menjadi kado istimewa bagi masyarakat Kabupaten Batu Bara, menyongsong HUT ke 75 Kemerdekaan RI di masa pandemi Covid-19.(ebson/hm10)

Related Articles

Latest Articles