25.2 C
New York
Wednesday, May 22, 2024

Pemekaran Simalungun: Jangan Dijadikan Alat Politik!

Simalungun, MISTAR.ID

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Simalungun Samrin Girsang, yang juga sebagai menjabat Ketua PDI Perjuangan Simalungun menegaskan, pihaknya terus mendukung upaya pemekaran Kabupaten Simalungun.

Dikatakannya, pemekaran untuk Simalungun sangat dibutuhkan mengingat keterbatasan anggaran dengan teritorial yang sangat luas.

Namun, Samrin menegaskan, wacana pemekaran jangan diagungkan hanya ketika tahun politik. Dirinya meminta, wacana pemekaran jangan dijadikan alat politik.

“Wacana seperti ini jangan hanya dimulut saja, namun harus ada perwujudan yang nyata” ucap Samrin kepada Mistar, Selasa (23/5/23).

Baca Juga:Pemekaran Simalungun, Timbul Jaya:Dambaan Masyarakat

Menurut Samrin, jika pemekaran terjadi, Simalungun Atas–nantinya bisa disebut Simalungun Induk–bisa semakin berbenah dengan pemanfaatan anggaran lebih ke sektor pertanian.

Jika dimekarkan, lanjutnya, hasil bumi yang ada di Simalungun Atas bisa menjadi suatu produksi yang dijual dengan nilai yang ekonomi tinggi.

“Jika pemekaran, tentunya akan menambah anggaran kita, ini bisa dimanfaatkan dengan memajukan sektor pertanian dan pengolahan hasil pertanian. Ini bisa diwujudkan dari Simalungun Atas,” ucapnya.

Baca Juga:Pemekaran Kabupaten Simalungun: Antara Dambaan Masyarakat dan Gimmick Politik

Samrin mengatakan, pemekaran akan berdampak pada APBD yang melimpah, sehingga pembangunan yang merata, baik Simalungun Atas atau Simalungun Bawah, bisa terakomodir.

“Yang paling utama itu anggaran untuk pembangunan, ini salah satu alasan untuk pemekaran,” tukasnya.

Ditambahkan Samrin, Simalungun pernah memiliki tokoh otonom yakni Djabanten Damanik. Dengan keberadaan tokoh tersebut, seharusnya Kabupaten Simalungun bisa mekar, tidak hanya perkataan saja.

Baca Juga:Didesak Masyarakat, Bupati Siap Memperjuangkan Pemekaran Simalungun

“Kita punya tokoh otonom, Bapak Djabanten Damanik. Jadi yah kita harus bisa dong mekar,” ucap Samrin, sembari meminta Bupati melakukan tahapan-tahapan yang diperlukan, bukan hanya ucapan saja.

Samrin menegaskan, pihaknya dari DPRD Simalungun sangat mendukung pemekaran Kabupaten Simalungun menjadi dua bagian. (roland/hm01)

Related Articles

Latest Articles