13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

2 Orang Tersuspek DBD, Dinkes Siantar Lakukan Fogging

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota melakukan fogging (pengasapan) di Kelurahan Simarimbun, Kecamatan Siantar Simarimbun. Hal itu dalam upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Administrator Kesehatan Ahli Muda Penanggung Jawab DBD Dinkes Kota Pematangsiantar, Lasmaria Siahaan mengatakan, pihaknya mencatat 2 orang warga setempat tersuspek. Pemeriksaan menggunakan sampel darah dari penderita.

“Ada suspek dua orang. Keduanya laki-laki berusia 4 tahun dan 34 tahun,” sebutnya, Jumat (23/2/24).

“Kalau ada kasus, ABJnya di bawah standar. Ada perindukan nyamuk ada suspek,” katanya menambahkan.

Baca juga: Selama 2023, Kasus DBD Menurun di Sumut

ABJ adalah angka bebas jentik. Merupakan presentasi rumah atau tempat-tempat umum yang tidak ditemukan jentik. Pendataan dengan keterangan positif jika terdapat jentik nyamuk dan negatif jika tidak ada jentik nyamuk.

Lasmaria mengimbau, dalam pencegahan penyakit DBD untuk penting selalu memperhatikan kebersihan lingkungan serta melakukan 3 M. Faktor iklim, kata dia, menjadi salah satu faktor penyebab penyebaran dan perkembanganbiakan nyamuk.

“Menguras, menutup, memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang),” ucapnya.

“Apalagi sekarang musim penghujan, jadi supaya memperhatikan lingkungan sekitar apabila ada wadah-wadah yang dapat menampung air hujan supaya diberantas, yang dapat mengakibatkan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegepty,” pungkasnya. (Jonatan/hm20)

Related Articles

Latest Articles