18.4 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

Verstappen Dominasi Norris di GP Sao Paulo, Alonso Rebut Podium di Lap Terakhir

Sao Paulo, MISTAR.ID

Max Verstappen kembali mengalahkan Lando Norris untuk kedua kalinya dengan kemenangan dominan di Grand Prix Sao Paulo saat Fernando Alonso merebut podium dari Sergio Perez di lap terakhir.

Verstappen memimpin dari awal hingga akhir setelah awal balapan yang kacau di mana Charles Leclerc mengalami kecelakaan pada lap formasi. Grand Prix terpaksa dihentikan sementara karena tabrakan antara Alex Albon, Nico Hulkenberg dan Kevin Magnussen di tikungan pertama.

Kemenangan ke-17 Verstappen di musim 2023 sekaligus merupakan yang ke-52 di ajang Formula 1. Hasil ini membuat Verstappen melampaui rekor Alain Prost dan menempatkannya di posisi keempat dalam daftar pemenang Grand Prix sepanjang masa. Hanya Sebastian Vettel (53), Michael Schumacher (91), dan Lewis Hamilton (103) yang memiliki catatan kemenangan lebih banyak.

Baca Juga: Kans Revans Rehan/Lisa di Final Hylo Open 2023 Malam Ini

Alonso kembali ke podium untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Belanda pada Agustus dan memberikan pertunjukan bertahan yang brilian melawan Perez dalam duel seru dalam 15 lap terakhir.

Perez berada dalam DRS Alonso selama beberapa lap namun tidak bisa menyalipnya karena pembalap Aston Martin itu secara taktis mengambil jalur berbeda untuk tetap memimpin.

Akhirnya, Perez berhasil menyalip Alonso di lap sebelum terakhir, namun pembalap Spanyol itu tidak menyerah dan berhasil kembali mendahului Perez di lap terakhir saat masuk ke Tikungan Empat, memenangkan balapan dengan selisih 0,053 detik.

Lance Stroll finis di posisi kelima, menjadi hasil terbaik Aston Martin sejak awal musim, sementara Carlos Sainz finis keenam dan Pierre Gasly di posisi ketujuh.

Baca Juga: Akhirnya Jeka Saragih Mendapat Lawan Baru di UFC

Mercedes mengalami hari yang suram karena Lewis Hamilton finis di posisi kedelapan dan George Russell pensiun dari posisi poin yang rendah. Yuki Tsunoda bangkit dari posisi 16 di grid untuk finis kesembilan dan Esteban Ocon finis di posisi kesepuluh.

Namun persaingan di depan menjadi pertunjukan luar biasa dari Verstappen, meskipun Norris sempat berada di samping Verstappen di Tikungan Empat pada Lap Delapan. Itu adalah momen terdekat yang bisa didapatkan Norris untuk memimpin.

“Start sangat penting hari ini. Keduanya sangat baik. Setelah itu, seluruh balapan tentang manajemen ban. Kami baik dengan ban apapun, tetapi khususnya saat paruh balapan kami bisa menciptakan sedikit celah, dan saya pikir itu sangat kuat di sana,” kata Verstappen.

Hasil lengkap GP Sao Paulo

1) Max Verstappen, Red Bull
2) Lando Norris, McLaren
3) Fernando Alonso, Aston Martin
4) Sergio Perez, Red Bull
5) Lance Stroll, Aston Martin
6) Carlos Sainz, Ferrari
7) Pierre Gasly, Alpine
8) Lewis Hamilton, Mercedes
9) Yuki Tsunoda, AlphaTauri
10) Esteban Ocon, Alpine. (Mtr/hm22)

Related Articles

Latest Articles