18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

MotoGP: Era Rossi Berakhir Usai Kemunculan Marc Marquez

Roma, MISTAR.ID

Legenda MotoGP yang besar di awal 2000-an, Marco Melandri mengatakan, era Valentino Rossi di kejuaraan balap motor sudah berakhir sejak kemunculan pesaingnya, Marc Marquez. Menurutnya, Marquez yang lebih muda dan energik telah mengambil alih sorotan utama di MotoGP.

Rossi merupakan tokoh sentral di MotoGP selama bertahun-tahun. Dia berhasil menjadi juara dunia beruntun di musim 2001-2005 dan menambah dua gelar lainnya pada 2008-2009.

Sementara Marc Marquez yang melakoni debutnya di kelas premier pada musim 2013, langsung merengkuh gelar di tahun pertama. Tak berhenti di situ, dia kemudian sukses mencuri panggung Rossi dengan memenangkan lima gelar lagi di musim-musim setelahnya.

Baca Juga:Valentino Rossi Jadi Legenda MotoGP

Sayangnya, performa ‘gila’ Marquez harus berakhir lantaran sejumlah cedera yang membekapnya selama dua musim terakhir. Selain lengan, dia juga mengalami masalah penglihatan. Kini, dia mulai jarang menang di perlombaan.

Meski demikian, pencapaian gemilang tersebut mendapat apresiasi dari Marco Melandri. Jawara kelas 250cc musim 2002 itu menilai, Marquez telah berhasil merusak era jaya Rossi di MotoGP.

“Marquez mengakhiri era Valentino Rossi (di MotoGP) dan membuka jalan untuk pebalap lain,” ujar Melandir, dikutip dari Crash, Sabtu (29/10/22).

Baca Juga:Valentino Rossi Pamitan dari MotoGP

Bukan hanya itu, menurut Melandri, Marquez telah berhasil mengulang pencapaian-pencapaian hebat Rossi di MotoGP. Bahkan, mereka berdua menurutnya memiliki sejumlah kesamaan.

“Dalam banyak hal Marc seperti Valentino: Dalam pandangan olahraga dia itu bajingan dan di trek dia telah mengulang semua yang telah dilakukan Vale sebelumnya,” kata Melandri.

Diketahui, saat ini Marquez telah meraih 8 gelar juara di semua kompetisi, sementara Rossi satu gelar lebih banyak. Namun, mengingat usianya baru 29 tahun, pebalap asal Spanyol tersebut berpeluang besar mengejarnya. (detik/hm14)

Related Articles

Latest Articles