16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Cetak Gol ke 110 dan 111, Ronaldo Pecahkan Rekor Gol Internasional Saat Libas Irlandia

Almancil, MISTAR.ID

Cristiano Ronaldo berhasil memecahkan rekor gol internasional dengan torehan dua gol krusialnya yang ke 110 dan 111 saat membawa tim nasional Portugal menang dramatis 2-1 atas Irlandia dalam laga putaran keempat Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Algarve, Almancil, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Ronaldo sebetulnya punya peluang untuk membawa Portugal memimpin lebih awal pada menit ke-15 lewat tendangan penalti, tetapi eksekusinya bisa diamankan oleh kiper Gavin Bazunu. Lantas pada menit ke-28, peluang Portugal lainnya dari tandukan tajam Diogo Jota masih membentur tiang gawang.

Tim tamu kemudian justru sukses mencuri keunggulan tepat di pengujung waktu normal babak pertama saat sepak pojok kiriman Jamie McGrath mampu disundul John Egan ke dalam gawang Portugal.

Baca juga: Ronaldo Kembali ke MU Setelah 12 Tahun, “Saya Punya Sejarah Luar Biasa di MU”

Portugal yang mendominasi lebih dari 72 persen penguasaan bola sepanjang laga akhirnya mampu memetik buah kerja keras mereka semenit jelang bubaran waktu normal saat Ronaldo menyambut umpan silang Goncalo Guedes.

Ronaldo lantas melunasi penuh kegagalan penaltinya dengan mencetak gol keduanya pada menit keenam injury time, lagi-lagi menggunakan kepalanya untuk menanduk bola kiriman Joao Mario demi mengunci kemenangan Portugal.

Portugal kini memimpin klasemen Grup A dengan koleksi 10 poin unggul tiga poin atas Serbia di posisi kedua. Luksemburg di posisi ketiga dengan enam poin di atas Irlandia dan Azerbaijan yang sama-sama masih nirpoin, demikian laman resmi UEFA.

Rangkaian pertandingan Grup A selanjutnya pada Sabtu (4/9/21) Irlandia akan menjamu Azerbijan dan Luksemburg menyambangi Serbia. Lantas dua laga penutup Grup A di jendela kualifikasi Piala Dunia 2022 September ini mempertemukan Azerbijan vs Portugal dan Irlandia vs Serbia pada Selasa (7/9/21).

Baca juga: Kontra Portugal, Belgia Tak Hanya Fokus Jaga Ronaldo

Pecahkan Rekor Gol Internasional

Mega bintang Portugal Cristiano Ronaldo berhasil memecahkan rekor sebagai pencetak gol internasional terbanyak sepanjang masa yang sebelumnya dipegang oleh penyerang Iran Ali Daei.

Dikutip dari media, Kamis (2/9/21), Ronaldo berhasil mencetak dua gol ketika Portugal menang 2-1 atas Republik Irlandia di Stadion Algarve, Almancil, Portugal, dini hari waktu Indonesia.

Pada laga ini Cristiano Ronaldo berhasil mencetak dua gol sundulan ke gawang Republik Irlandia yang merupakan gol ke-110 dan 111 sepanjang karier internasionalnya bersama Portugal.

Kemenangan ini juga turut membuat timnas Portugal menduduki puncak klasemen dari Grup A kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa dengan raihan 10 poin dari empat pertandingan.

Ronaldo mengakui dirinya sangat senang bisa bisa memecahkan rekor ini serta mendapatkan momen spesial yang dimiliki bersama timnas Portugal. Pemain berusia 36 tahun itu melanjutkan jika dua gol yang ia cetak di menit-menit akhir pertandingan adalah hasil dari kepercayaan timnya dan suporter hingga waktu terakhir.

Baca juga: Rooney: Ketajaman Ronaldo Bisa Bantu MU Raih Trofi

“Saya sangat senang, bukan hanya karena saya memecahkan rekor, tapi untuk momen spesial yang kami miliki. Dua gol di akhir pertandingan, itu cukup sulit tapi saya harus mengapresiasi apa yang tim lakukan. Kami percaya hingga akhir, suporter juga. Saya sangat senang,” jelas Ronaldo.

Tambahan dua golnya ini membuat Ronaldo berada di puncak daftar pencetak gol internasional terbanyak sepanjang waktu dengan raihan 111 gol. Di bawahnya ada mantan penyerang timnas Iran Ali Daei yang mencetak 109 gol dan mantan penyerang timnas Malaysia Mokhtar Dahari yang mencetak 89 gol. (ant/hm09)

Related Articles

Latest Articles