24.5 C
New York
Tuesday, June 25, 2024

ASEAN Schools Games, Indonesia Raih Peringkat 2 dengan 22 Medali Emas

Jakarta, MISTAR.ID

Indonesia menduduki peringkat kedua ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang diadakan di Da Nang, Vietnam, pada 1-7 Juni dengan meraih 22 medali emas.

Berdasarkan data Kementerian Pemuda dan Olahraga di laman resminya, Sabtu (8/6/24), Indonesia berhasil meraih 63 medali yang terdiri dari 22 medali emas, 22 perak, dan 19 perunggu dari enam cabang olahraga di multiajang olahraga tersebut.

Renang menyumbang medali emas terbanyak bagi Indonesia, dengan 11 kemenangan. Pencak silat menambah 5 emas, disusul bulu tangkis (2), atletik (2), pencak silat vovinam (1), dan bola basket (1).

Indonesia finis sebagai runner-up tabel perolehan medali terakhir, di belakang Vietnam yang mengantongi 44 medali emas, dan di atas Thailand yang total meraih 17 medali emas.

Baca juga: Atlet Wushu Peraih Medali Asian Games Hangzhou Bela Sumut di PON 2024

Chef de Mission (CdM) Indonesia pada acara tersebut, Andri Paranoan, mengucapkan terima kasih atas pencapaian yang diraih negara.

“Yang sangat membanggakan bagi kami adalah kami menutup ASG ini dengan perolehan medali emas di ajang bola basket putra yang merupakan sejarah bagi bola basket kita,” ujarnya.

Dijelaskannya, prestasi yang diraih Indonesia tidak lepas dari peran seluruh pihak yang terlibat di kontingen, mulai dari atlet hingga tim markas.

“Saya melihat semua yang mereka lakukan saat ini merupakan hasil kerja keras yang mereka lakukan saat latihan. Jadi, ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi seluruh cabang olahraga Indonesia di ASG ini,” tegas Paranoan.

Ia juga menuturkan, ASG yang digelar ke-13 pada tahun 2024 ini tidak hanya sekedar ajang perebutan medali emas, namun juga menjadi kesempatan bagi para atlet untuk mendapatkan pengalaman bertanding sebagai bagian dari pembinaan atlet muda. (mtr/hm17)

Related Articles

Latest Articles