9.9 C
New York
Sunday, April 28, 2024

6 Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di Peparpenas

Palembang, MISTAR.ID

Setidaknya ada enam cabang olahraga yang dipertandingkan Peparpenas X/2023 di Palembang dari tanggal 29 Juli hingga 5 Agustus 2023. Keenam cabang adalah yaitu atletik, renang, tenis meja, boccia, catur, dan bulu tangkis.

Jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan bertambah satu dibandingkan sebelumnya. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta menjelaskan bahwa Peparpenas X/2023 tidak hanya tentang prestasi, tetapi juga tentang kesetaraan. Dimana, memberikan kesempatan bagi pelajar dengan kondisi disabilitas untuk berpartisipasi.

“Jika olahraga prestasi memiliki Pekan Olahraga Pelajar Nasional atau Popnas, maka Peparpenas diadakan seiring dengan acara tersebut,” ujar Raden Isnanta belum lama ini.

Diketahui, Peparpenas merupakan salah satu sarana untuk menemukan bibit atlet masa depan. Sebagian besar atlet andalan Indonesia saat ini sebelumnya adalah peserta Peparpenas.

Baca juga: Pekan Olahraga Kabupaten Simalungun Digelar Oktober 2023

Peparpenas kali ini merupakan edisi yang kesepuluh. Sebelumnya, acara ini bernama Popcanas. Kepanjangannya pekan olahraga pelajar cacat nasional dan pertama kali diluncurkan tahun 2003. Popcanas diinisiasi oleh Raden Isnanta, yang saat itu menjabat sebagai Kabag Perencanaan, Ditjen Olahraga di Kementerian Pendidikan.

Peparpenas diluncurkan untuk mempromosikan kesetaraan dan kesempatan berkompetisi bagi pelajar difabel, meskipun saat itu belum ada undang-undang tentang disabilitas.

Edisi pertama Popcanas diadakan di Jakarta pada tahun 2003 dan dilanjutkan setiap dua tahun sekali. Pada tahun 2013, acara ini berganti nama menjadi Peparpenas.

Baca juga: Lapangan Rintis Tujuh Balimbingan Jadi Tempat Warga Berolahraga di Akhir Pekan

Peparpenas terakhir diadakan di Jakarta pada tahun 2019. Edisi tahun 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia. (mtr/hm20)

Related Articles

Latest Articles