16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir di Wilayah Ini

Medan, MISTAR.ID

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir di sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut), Rabu (24/11/21).

Kepala BMKG wilayah I Medan Hartanto melalui prakirawannya Nora Sinaga mengatakan, kondisi itu diprediksi akan terjadi di wilayah lereng timur, pantai timur dan pegunungan Sumut.

“Hujan lebat disertai angin kencang dan petir ini berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir,” ujarnya.

Baca Juga:Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang Seminggu ke Depan

Nora mengatakan, siang hari ini hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Deli Serdang, Binjai, Medan, Kepulauan Nias, Karo, Sergai, Batu Bara, Simalungun, Labura, Labuhanbatu dan Labusel.

Sementara, sore hingga malam hari, hujan ringan hingga lebat disertai angin dan petir akan melanda wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Medan, Deli Serdang, Humbahas, Samosir dan Tapanuli Utara.

“Untuk dini hari hujan dengan intensitas sedang diperkirakan akan terjadi di Langkat, Binjai, Karo, Simalungun, Deli Serdang dan Tebing Tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga:Waspada Hujan Deras Disertai Petir di Daerah Pegunungan Sumut

Nora mengatakan kondisi seperti ini dipengaruhi oleh gangguan cuaca yang ada di Teluk Benggala, yang membuat adanya daerah konvergensi atau penumpukan massa udara di wilayah Sumut. Sehingga banyak terbentuk awan-awan hujan di beberapa wilayah dimaksud.

Nora menjelaskan, suhu udara Sumut hari ini berada pada kisaran 18.0-31.0⁰ C. Sementara kelembaban udara 60-98% dan angin yang bertiup dari arah barat daya ke timur laut berkekuatan 10-30 km/jam.

“Tidak ada titik panas (hotspot) yang terdeteksi hari ini,” pungkasnya. (ial/hm14)

Related Articles

Latest Articles