18.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Wanita Tabagsel Mempersatukan Perbedaan Masyarakat

Deli Serdang, MISTAR.ID

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menegaskan, kehadiran Wanita Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) sebagai organisasi yang dibentuk untuk melestarikan nilai-nilai luhur budaya. Bahkan, kehadiran Wanita Tabagsel Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang telah banyak berperan aktif dalam memberi kontribusi positif dan produktif bagi pemersatu perbedaan masyarakat.

“Mudah-mudahan pelantikan ini menjadi semangat dan motivasi yang baru untuk dapat menjalankan kepengurusan dengan amanah dan penuh tanggung jawab,” kata Bupati Ashari Tambunan dalam pidatonya pada pelantikan Wanita Tabagsel Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang di Convention Hall Pemkab Deli Serdang yang dihadiri sekitar 3.000 orang, Sabtu (28/1/23).

Ashari menjelaskan, filosofi kekerabatan parsadaan sudah lama dikenal, sampai di seluruh nusantara. Hal itu menjadi prinsip dasar yang menjadi penguat dan pengikat tali persaudaraan warga Tabagsel di manapun berada.

Baca Juga:Jaksa Bakal Usut Penunggak Iuran Jamsostek di Wilayah Tabagsel, Tapanuli dan Kepulauan Nias

“Untuk itu, saya berharap kepada ketua dan jajaran pengurus yang baru dilantik agar terus menempatkan konsolidasi antar warga. Begitu juga dalam organisasi mampu menjawab setiap tantangan perkembangan zaman. Sekaligus menjadi perekat persatuan secara individu, kelompok, organisasi lokal, maupun regional,” papar Ashari Tambunan.

Semuanya itu, tambahnya, harus mengakomodir segala kepentingan warga sebagai subjek dan pelaku utama pembangunan lokal di Deli Serdang. “Saya juga mengajak seluruh jajaran pengurus Wanita Tabagsel Kabupaten Deli Serdang mendukung program-program pemerintah. Sehingga mewujudkan hubungan yang harmonis dan sinergis dalam melahirkan ide dan gagasan yang dapat menunjang program pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan daerah,” tandas Ashari Tambunan.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Besar (PB) Parsadaan Masyarakat (PM) Tabagsel Deli Serdang yang juga Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar mengemukakan, saat ini kemajuan zaman dan kecepatan informasi sudah mengalahkan kekerabatan dan persaudaraan. Sehingga tali silaturahmi menjadi terurai, bahkan terputus karena kesibukan masing-masing.

Baca Juga:AGO Tabagsel Soroti Proyek Lampu Hias Jembatan Senilai Rp935 Juta di Padangsidimpuan

“PM Tabagsel merupakan organisasi perkumpulan yang dibentuk kurang lebih 20 tahun lalu. Tujuannya untuk merekatkan tali persaudaraan silaturahmi masyarakat Tabagsel di Kabupaten Deli Serdang dan sekitarnya. Kita berharap agar motto yang diusung, Rahut Ni Marga Rahut Ni Mudar tetap melekat pada diri yang mempunyai arti luar biasa, yakni kita dipertemukan di sini dikarenakan hubungan marga dan hubungan ikatan darah,” ungkap Yusuf Siregar.

Sebelumnya, Ketua Wanita PM Tabagsel Deli Serdang, Rahma Hastuti Sihombing mengatakan, PM Perempuan Tabagsel bersifat sosial budaya dan juga adat istiadat yang harus dilestarikan. Serta dapat mengembangkan organisasi sesuai visi dan misi yang ada.

Sebelumnya,Ketua Panitia Pelantikan Wanita Tabagsel Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang dr Siska Anggraini Lubis dalam laporannya menuturkan, pelantikan pengurus yang dilakukan berdasarkan hasil rapat pengurus. Tujuannya untuk melaksanakan program sebagaimana diamanatkan dalam anggaran dasar (AD)/anggaran rumah tangga (ART) organisasi PM Tabagsel dalam hal melestarikan budaya Tabagsel.

Baca Juga:Ribuan Warga se Tabagsel Ikuti Kajian Kebangsaan

Dalam pelantikan itu, ada 20 pengurus kecamatan yang dilantik dengan susunan kepengurusan terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara.

Hadir pada pelantikan tersebut, Ketua TP PKK Deli Serdang Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Hj Sri Pepeni Yusuf Siregar, Anggota DPRD Sumatera Utara Riri Stevani Siregar, para Asisten Pemkab Deli Serdang, anggota Fraksi PKS DPRD Deli Serdang, HM Darwis Batubara, para staf ahli, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat se-Deli Serdang, serta lurah se-Kecamatan Lubuk Pakam.(rinaldi/hm15)

Related Articles

Latest Articles