12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Wakil Bupati Buka Forum Perangkat Daerah Kabupaten Humbahas 2024

Humbahas, MISTAR.ID

Wakil Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Oloan Paniaran Nababan membuka Forum Perangkat Daerah/ Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2024, bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (19/3/24).

Oloan mengatakan, Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah merupakan amanah dari Permendagri 86 tahun 2017 dengan tujuan sebagai wadah antar pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi OPD sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.

“Wadah penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan renja OPD yang pada akhirnya akan dituangkan dalam RKPD Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2025. Kemudian, untuk memperoleh penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan prioritas, lokasi dan kelompok sasaran dari masing-masing OPD periode satu tahun mendatang,” ujarnya.

Baca Juga : Puluhan Warga Desak Pemkab Humbahas Tentukan Batas Wilayah antar Dua Desa

Untuk itu, diminta kepada masing-masing OPD agar memperhatikan dan menyesuaikan rancangan renja masing-masing, dengan usulan pembangunan hasil musrenbang kecamatan serta masukan dari para pemangku kepentingan (stake holders) terutama OPD teknis lainnya.

“Dalam kurun waktu usia Kabupaten Humbahas ini, Pemerintah telah melaksanakan pembangunan diberbagai bidang dengan tetap mengacu kepada prioritas pembangunan nasional dan prioritas pembangunan daerah Provinsi Sumatera Utara,” katanya.

Memedomani perubahan RPJMD Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2021-2026 serta kemajuan dan permasalahan pokok yang akan dihadapi pada tahun mendatang, maka prioritas pembangunan Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2025 yang dikorelasikan terhadap pengembangan sektor atau bidang yang terkait dengan keunggulan kompetitif daerah dan isu-isu strategis daerah.

Maka, rumusan prioritas pembangunan daerah yang dituangkan dalam rancangan awal RKPD Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2025 meliputi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pengoptimalan daya saing ekonomi daerah melalui pertanian dan ekonomi kreatif. Pengoptimalan infrastruktur, pengembangan wilayah dan tata ruang.

Related Articles

Latest Articles