18.6 C
New York
Monday, April 29, 2024

Usai Dilanda Banjir, 11 KM Jalan Provinsi Simpang Belidahan Rusak Berat

Sergai, MISTAR.ID

Setelah beberapa waktu lalu sempat digenangi banjir Jalan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang membentang di Tiga Desa kini kondisinya rusak berat. Tiga desa tersebut yaitu Desa Firdaus tepatnya di Dusun 9, Desa Cempedak Lobang tepatnya di Dusun 1 dan Desa Simpang Empat tepatnya di Dusun 11 dan Dusun 1 Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengalami rusak berat.

Jalan yang dikenal dengan nama Belidahan tersebut merupakan akses penghubung antar Kecamatan yaitu, Kecamatan Sei Rampah dan Dolok Masihol.

Dari pantauan Mistar Senin (20/12/21) diketahui kurang lebih sepanjang 11 Km jalan mengalami kerusakan terhitung dari Simpang Belidahan yang terletak Dusun 9 Desa Firdauas hingga Dusun 1 Desa Simpang Empat.

Baca juga:Akibat Jalan Rusak, Wagubsu Disambut Unjuk Rasa Kelompok Pemuda di Asahan

Menurut Abdur Rahim warga Belidahan  menuturkan, sejak curah hujan yang cukup tinggi beberapa bulan ini jalan yang semula sudah mulai rusak sekarang semakin parah kerusakannya di tambah lagi kemarin sempat terjadi banjir.

“Semenjak curah hujan yang cukup tinggi beberapa bulan ini jalan Belidahan yang sudah mulai mengalami kerusakan di sana sini sekarang makin parah, hal tersebut di karenakan banjir yang sempat melanda jalan Belidahan yang ketinggian airnya sepinggang orang Dewasa. Masyarakat juga sudah berupaya untuk menambal lubang-lubang dengan seadanya, ada juga yang menambal dengan material Batu Padas dan Batu Bongkaran Bangunan, dengan harapan jalan dapat digunakan kembali oleh masyarakat” tuturnya.

Namun jalan tersebut masih juga sulit digunakan untuk pengendara Sepeda Motor karena timbunan tersebut menimbulkan batu-batu tajam sehingga dapat menyebabkan Ban Motor mengalami kebocoran, jadi kami meminta kepada Bapak Gubernur Sumatera Utara agar segera melakukan perbaikan pada jalan kami ini, sebab kami yang sekarang sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi dan Banjir jangan di tambah sulit lagi oleh jalan yang rusak, tambahnya.

Sedangkan Kepala Desa Cempedak Lobang Edi Musli SH saat di temui dikantornya mengharapkan  agar Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubsu agar segera menganggarkan pembangunan jalan Belidahan tersebut, sebab masyarakatnya yang mengunakan jalan tersebut sudah kesulitan.

Baca juga:Tindaklanjuti Keluhan Warga, Jalan Rusak di Kawasan Industri Medan Langsung Diperbaiki

“Saya dalam hal ini sebagai Kepala Desa Cempedak Lobang mengharapkan kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang khususnya Bapak Gubernur agar kiranya segera menganggarkan untuk pembangunan jalan Belidahan yang sudah mengalami rusak parah, mengingat jalan tersebut adalah salah satu sarana penghubung antar kecamatan. Apalagi jalan itu sangat penting untuk mengangkut hasil bumi dan usaha-usaha lain yang menunjang ekonomi masyarakat” ungkapnya.

Masyarakat mengaku sebelumnya sudah berupaya secara swadaya dengan cara menimbun jalan-jalan yang berlubang agar akses jalan tersebut masih dapat dilalui dan tidak putus. Namun swadaya yang dilakukan tidak signifikan dengan kerusakan jalan yang terjadi sehingga mereka mengharapakan Pemerintah Provinsi. (boby/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles