11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Unimed Edukasi Mitigasi Bencana Longsor Bagi Masyarakat Desa Buluh Awar Sibolangit

Deli Serdang, MISTAR.ID

Untuk meminimalisir resiko bencana, Universitas Negeri Medan (Unimed) memberikan edukasi dan kesadaran akan mitigasi kepada masyarakat yang bermukim di Desa Buluh Awar Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, akhir pekan kemarin.

Edukasi ini juga digelar sebagai bagian pengabdian mahasiswa kepada masyarakat tentang integrasi edukasi mitigasi bencana longsor.

Wakil Rektor III Unimed Prof Sahat Siagian mengingatkan betapa pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

“Selain itu kita ingin memberikan wawasan kepada warga terkait bencana longsor, maupun upaya mitigasi bencana dapat dilakukan pada pra bencana, saat bencana, maupun pasca bencana,” ujarnya.

Kepala Desa Buluh Awar yang hadir bersama Ketua Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL), Pimpinan Gereja, Penyuluh Pertanian dan Babinsa, beserta warga Desa Buluh Awar berterima kasih atas kedatangan mahasiswa Unimed.

Selain melakukan kegiatan edukasi, Unimed juga menyerahkan 250 bibit pohon untuk mengurangi dan juga kesiagaan dalam menghadapi bencana tanah longsor di Desa Buluh Awar.

Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah I Medan mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang akan terjadi siang hingga malam hari, Minggu (24/7/22).

Sejumlah wilayah di Sumatera Utara (Sumut) diprediksi akan diguyur hujan dalam beberapa hari ke depan, termasuk diantaranya Kabupaten Deli Serdang. (ial/hm06)

 

 

Related Articles

Latest Articles