11.1 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Tuntut Pengaspalan Jalan, Ratusan Warga STM Hilir Unjuk Rasa ke Kantor Bupati Deli Serdang

Deli Serdang, MISTAR.ID

Ratusan masyarakat STM Hilir lakukan unjukrasa ke kantor Bupati Deli Serdang guna menuntut pengaspalan jalan, Senin (15/8/22).

Pengunjukrasa yang datang menggunakan sejumlah angkot dan sepeda motor dengan membawa sejumlah poster dan spanduk tersebut mendapat pengawalan dari Satpol PP dan Polresta Deli Serdang.

Rahmad JP Hutabarat salah seorang pengunjukrasa dalam orasinya mengatakan, sudah puluhan tahun jalan menuju Desa Lau Barus tidak pernah mendapat perhatian dari Pemkab Deli Serdang.

Baca juga:Petugas Paskibraka Kabupaten Asahan Dikukuhkan

“Untuk itu, kita minta kepada Pemkab Deli Serdang segera melakukan pengaspalan didaerah kami. Apalagi, jalan di Desa Lau Barus sepanjang 10 kilometer kondisinya cukup memprihatikan,” kata Rahmad JP Hutabarat.

Menurut Hutabarat, akibat jalan yang kondisinya rusak parah membuat aktifitas warga menjadi terhambat.Baik anak sekolah maupun pengangkutan pertanian. Terlebih lagi jika musim hujan.

Setelah sekitar 30 menit melakukan orasi, Asisten I Setdakab Deli Serdang, Citra Efendi Capah menemui para pengunjukrasa untuk meminta perwakilan masuk ke kantor bupati melakukan dialog.

Dalam pertemuan itu, Capah menjelaskan bahwa unjukrasa tidak dilarang dan dilindungi undang-undang. Terkait aspirasi warga,Sebenarnya Dinas Sumber Daya Air, Bimanamarga, Bina Kontruksi (SDABMBK) Deli Serdang sudah menampung aspirasi warga, meski secara bertahap.

Sekretaris Dinas SDABMBK, Ismail yang hadir dalam pertemuan itu menjelaskan bahwa pihaknya sudah menampung aspirasi masyarakat untuk melakukan pelebaran jalan. Begitu juga untuk pengaspalan jalan Lau Barus sepanjang 2 kilometer akan dikerjakan tahun ini.

“Tahun ini yang bisa kita aspal hanya sekitar 2 kilometer. Itupun kita tampung dalam ABPD Perubahan yang akan kita kerjakan sekitar bulan Oktober,” papar Ismail.

Capah menambahkan,apa yang disampaikan Sekretaris Dinas SDABMBK merupakan bentuk kepedulian Pemkab Deli Serdang untuk masyarakatnya.

Setelah menampung aspirasi warga,Asisten I Citra Efendi Capah dan rombongan meninggalkan ruang rapat.

Baca juga:Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa di DPRD Padangsidimpuan

Hanya saja,meski pihak Pemkab Deli Serdang sudah menjelaskan bahwa yang bisa dikerjakan tahun ini sepanjang 2 kilometer, tapi warga tetap ngotot agar dikerjakan 10 kilometer.

Menanggapi hal itu,Citra Efendi Capah mengatakan bahwa tahun ini Pemkab Deli Serdang hanya mampu melakukan pengaspalan jalan Desa Lau Barus sepanjang 2 kilomter.

“Tadi sudah kita jelaskan kalau pengaspalan jalan dilakukan secara bertahap. Inikan menyangkut keuangan daerah. Tahun depan kita lanjutkan lagi,” papar Capah sembari meninggalkan ruang rapat.

Sampai berita ini diturunkan, masa yang juga membawa anak usia sekolah tersebut masih melakukan orasi di depan kantor bupati.Dalam orasinya,massa berjanji akan datang kembali dengan jumlah yang lebih besar. (rinaldi/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles