15.2 C
New York
Wednesday, May 15, 2024

Pemkab Toba Berjibaku Upayakan Perbaikan Jalan Provinsi di Habornas

Toba, MISTAR.ID

Bupati Poltak Sitorus mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Toba akan mengupayakan secara maksimal perbaikan dan pembangunan di Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau (Habornas). Borbor sendiri akan menjadi prioritas pembangunan pada tahun anggaran 2025.

“Borbor akan menjadi prioritas tahun 2025, terutama bidang infrastruktur,” kata Poltak Sitorus dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2025 di Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba, Jumat (2/2/24).

Ada 65 usulan yang disampaikan masyarakat Kecamatan Borbor dalam musrenbang tersebut, mayoritas ditujukan ke Dinas Pertanian, sebanyak 33 usulan.

Sedangkan untuk PUTR terdapat 24 usulan dan 7 usulan ke Dinas Perkim, 1 lainnya ditujukan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

Baca juga: Bupati Poltak Sitorus: Pemkab Toba Fokus Pembangunan di 3 Sektor

“Kami berharap agar semua usulan yang disampaikan oleh masyarakat dapat diprioritaskan,” harap Camat Borbor, James Pasaribu.

Pada kesempatan itu, Poltak Sitorus menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Toba terus berjibaku mengusulkan perbaikan jalan provinsi ke Pemprov Sumut.

“Kalau ke Provinsi kita itu sangat-sangat serius masalah jalan itu. Saya teriakkan juga waktu Pramusrembang di Berastagi,” kata Poltak Sitorus.

“Saya bilang, kalau Kabupaten Karo demo ke istana bawa jeruk, Toba demo ke istana bawa andaliman. Karo demo bawa jeruk langsung diperbaiki,” katanya.

“Toba demo bawa andaliman tidak direspon. Itu kita sampaikan ke Bapak Gubernur,” lanjut Poltak Sitorus.

Ia juga menyampaikan, konektivitas jalan Nassau-Labura selama ini sudah menjadi impian seluruh masyarakat Habornas, khususnya warga Kecamatan Nassau.

Karena, dengan terhubungnya jalan ini, diharapkan perekonomian masyarakat Toba, terutama Kecamatan Nassau akan meningkat drastis.

“Jika ini terhubung, perekonomian Kabupaten Toba, terkhusus Nassau akan sangat meningkat,” tandas Poltak Sitorus.

Karena itu, ia menyatakan bahwa pada Musrenbang Propinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Karo beberapa waktu lalu, dirinya telah menyuarakan perbaikan jalan itu kepada Gubernur Sumut.

“Ini terus kita suarakan ke Gubernur agar jalan ini terhubung. Jika ini terhubung, maka Habornas akan menjadi lintasan masyarakat menuju Bandara Silangit,” lanjutnya.

Selain soal jalan provinsi, Poltak Sitorus juga mengakui bahwa perbaikan jalan Sipagabu-Liat Tondung kini menjadi perhatian.

Baca juga: Bupati Poltak Sitorus: Pemkab Toba Fokus Pembangunan di 3 Sektor

“Kita sepakat bahwa perbaikan jalan ini menjadi prioritas kita bersama,” ujarnya.

Selain mendengar berbagai usulan masyarakat, Poltak Sitorus juga mengajak masyarakat Nassau untuk meningkatkan produksi pertanian, terutama kopi.

“Produksi kopi kita tidak mampu memenuhi kebutuhan pasar. Terlebih nanti akan ada event internasional yaitu F1 Power Boat di Balige. Ayo, bawa hasil pertanian kita dari sini kita jual kepada para wisatawan yang datang, agar event itu berdampak juga untuk kita,” pungkasnya.

Sebelum meninggalkan Musrenbang, Poltak Sitorus juga menyampaikan bantuan 200 kilogram bibit bawang merah ijo ke Kelompok Tani Tunas Mandiri Desa Pasar Borbor, pemberian bibit ini merupakan kerjasama Pemkab Toba dengan IP2TP Gurgur Tampahan. (Hotman/hm22)

Related Articles

Latest Articles