17.5 C
New York
Monday, April 29, 2024

Dua Hari Berturut Rumah Terbakar di Toba, Bupati Minta Warga Waspada

Toba, MISTAR.ID

Kebakaran secara berturut-turut terjadi di Kabupaten Toba. Peristiwa pertama menghanguskan satu unit rumah di Desa Paindoan, Kecamatan Balige pada Selasa (30/1/24) sore.

Besoknya Rabu (31/1/24) dua unit rumah kembali terbakar di Desa Silamosik I, Kecamatan Porsea. Kebakaran ini juga nyaris menjalar terhadap dua bangunan warga lainnya.

Atas peristiwa itu, pada Kamis (1/2/24) pagi, Bupati Toba, Poltak Sitorus mengunjungi korban dan menyerahkan bantuan berupa sembako dan material bahan bangunan, secara pribadi. Poltak Sitorus juga memberikan bantuan berupa uang sebagai tali kasih kepada para korban.

Berdasarkan data yang disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Toba, Lalo H.Simanjuntak, rumah yang terbakar merupakan milik Josmar Nainggolan dan Trimat Yanto Situmorang. Sedangkan korban terdampak adalah Maspri Silaban dan Almert Nainggolan.

Baca juga: Kabid Damkar Toba Ingatkan Warga Antsipasi Potensi Kebakaran

“Kebakaran terjadi pada hari Rabu (31/1/24) sekira pukul 12.00 dan diduga akibat korslet listrik. Tidak ada korban jiwa, namun harta benda milik korban tidak berhasil diselamatkan,” kata Lalo H.Simanjuntak.

Usai menyerahkan bantuan kepada para korban, Poltak Sitorus menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada agar peristiwa serupa tidak terjadi ke depan.

“Kami imbau kepada seluruh masyarakat agar lebih waspada. Terutama jaringan listrik di rumah harus yang standar. Dapur juga benar-benar diperhatikan sebelum meninggalkan rumah, jangan sampai kompor tidak dimatikan supaya hal seperti ini tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Selain soal kewaspadaan sebelum meninggalkan rumah, Poltak Sitorus juga mengimbau agar masyarakat tidak membakar lahan atau ladang dengan sembarangan.

“Kita ini beberapa hari ini tidak turun hujan, jadi harus hati-hati. Jangan buang puntung rokok sembarangan, sebelum buang puntung rokok pastikan dulu apinya sudah mati,” pungkasnya. (Hotman/hm17)

Related Articles

Latest Articles