22 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Pemkab Pakpak Bharat Gelar Musrenbang RPJPD: Acuan yang Sangat Penting

Pakpak Bharat, MISTAR.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (Musrenbang RPJPD)  2025-2045 di Aula Bale Sada Arih, Kompleks Kantor Bupati Pakpak Bharat,Rabu (24/04/2024).

Musrenbang kali ini dihadiri Kepala Bappelitbangda Provinsi Sumatera Utara diwakili Kepala Bidang Infraswil, Dr.Ihsan Azhari, Deputi Direktur BI Wilayah Sumatera Utara, Wahyu Yuwana Hidayat, Kepala Badan Pusat Statistik Pakpak Bharat, Muslikhatun,Perwakilan Dinas Penanaman Modal Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Kepala Daerah tetangga,

Ketua Panitia Pelaksana, Roy Efraim Bancin, menjelaskan Musrenbang ini membahas rancangan RPJPD guna menyepakati visi dan misi jangka panjang daerah, menyepakati arah kebijakan dan sasaran pokok dalam rancangan RPJPD Pakpak Bharat Tahun 2025-2045, serta menyepakati program-program kegiatan.

Baca juga: Musrenbang RPJPD Batu Bara Tahun 2025-2045 Fokus Pada 3 Transformasi

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor diwakili Wakil Bupati, H Mutsyuhito Solin mengatakan, RPJPD merupakan penjabaran dari visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok pembangunan Daerah jangka panjang untuk 20 tahun yang disusun dengan berpedoman pada RPJP Nasional dan Rancangan Tata Ruang Wilayah.

“Dokumen RPJPD harus mencakup informasi tentang sumber daya yang tersedia, potensi wilayah, serta langkah strategis yang akan diambil untuk mencapai tujuan pembangunan yang telah ditetapkan. RPJPD juga dapat menjadi acuan yang sangat penting bagi Kepala Daerah dan atau calon Kepala Daerah dalam menentukan dan merumuskan Visi dan Misi,” jelas Wabup.

Sementara perwakilan DPRD Pakpak Bharat, Ronald Lubis berharap RPJPD ini nantinya bisa membawa kemajuan bagi Kabupaten Pakpak Bharat, serta membangun sinergi antara Pemerintah, DPRD dan seluruh pemangku kepentingan di dalamnya,”ucapnya.(sampang/hm17)

Related Articles

Latest Articles