11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Kemajuan SMAN 1 Uluan, Kini 29 Siswa Masuk PTN Jalur Undangan

Toba, MISTAR

SMA Negeri 1, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, berhasil meluluskan siswa-siswi kelas XII tahun ajaran 2023 – 2024 dengan tingkat kelulusan 100 persen atau total 173 orang.

Sekolah ini mendapat SK ijin operasional tahun 2009 dan SK pendirian tahun 2011, dan kini sudah berstatus akreditasi A, dan setiap tahunnya mengalami kemajuan. Lulusan SMAN 1 Uluan selalu ada yang masuk Perguruan Tinggi Negeri, baik melalui UTBK dan jalur undangan. Prestasi ini pun menjadi dasar bagi lulusan SMP untuk belajar di sana.
Kepala SMAN 1 Uluan, Juliber Simanjuntak mengakui tingkat kelulusan seratus persen dan tahun ini lulusan terbanyak yang masuk dari jalur undangan ke PTN di Indonesia menjadi tiga kali lipat dari tahun – tahun sebelumnya.
“Dari 72 peserta yang diusulkan melalui jalur undangan ke PTN sebanyak 29 orang yang masuk ke PTN sekitar 40 persen dari yang diusulkan. Dimana lulusan tahun sebelumnya masuk dari jalur undangan sebanyak 9 hingga 10 orang saja,” ujar Juliber pada Senin (06/05/2024).

Baca juga: Wariskan Budaya Batak, SMAN I Uluan, Kabupaten Toba Lakukan Tradisi Boras Si Pir Ni Tondi

Juliber juga menyakinkan Smansa Uluan akan terus menjadi Akreditasi A dan akan mempertahankannya dengan tetap memaksimalkan lulusan lebih banyak lagi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terlebih melalui jalur undangan.

Maka lulusan SMP jangan pernah ragu untuk masuk SMA N 1 Uluan, untuk diketahui penerimaan siswa/i didik baru ada dua tahap yaitu, tahap pertama ada tiga jalur yakni, jalur prestasi, perpindahan orang tua dan anak guru lalu jalur afirmasi. Tahap kedua melalui jalur zonasi reguler menurut jarak tempat tinggal sekolah.

Kepsek serta seluruh guru di SMAN 1 Uluan berharap kepada pelajar yang lulus tahun ini sebaiknya melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

“Kendati demikian jika tidak melanjut lagi, jadilah manusia yang berbudi pekerti luhur dan dapat bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat banyak mengamalkan pendidikan yang didapat dari sekolah,” ujarnya. (nimrot/hm17)

Related Articles

Latest Articles