28 C
New York
Saturday, June 15, 2024

Pemdes Pagaran Baru Bangun Jalan Usaha Tani, Akses Penunjang Perekonomian Warga

Tapteng, MISTAR.ID

Pemerintah Desa (Pemdes) Pagaran Baru, Kecamatan Manduamas, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), prioritaskan pembangunan jalan usaha tani yang bersumber dari alokasi dana Desa tahun 2024.

Kepala Desa (Kades) Pagaran Baru, Hermansyah Gaja mengatakan, akses jalan yang dibangun berada di Dusun II, dua titik 168 meter dan Dusun I, 100 meter.

“Karena jalan ini tadinya tanah yang licin saat musim hujan tiba,” kata Hermansyah, Jumat (24/5/24).

Hermansyah juga menjelaskan bahwa akses ini merupakan kebutuhan masyarakatnya tiap hari untuk pergi dan pulang dari lahan pertanian mereka dan dinilai untuk penunjang roda perekonomian warga di desanya.

Baca juga: Pemdes Lobu Tua Salurkan BLT Dana Desa kepada 47 KPM

“Ini jalan menuju persawahan warga yang tiap harinya dilalui,” kata Hermansyah.

Nasran Gaja, warga Pagaran Baru membenarkan pembangunan akses ini dan sangat bersyukur alokasi Dana Desa Tahun ini bisa direalisasikan untuk pembangunan jalan mereka.

“Kita senang dan bersyukur jalan kita yang sudah lama ini bisa dibangun. Ini sudah menjadi kesepakatan kita bersama pada waktu musyawarah desa tahun lalu, bahwa prioritas pembangunan tahun ini di dusun satu dan dua,” ujar Nasran.

Diketahui Jalan menuju ke kebun warga dan sawah masyarakat di desa ini dulunya adalah jalan tanah, yang apabila hujan akan berlumpur dan licin. Sehingga mengganggu aktivitas warga untuk menuju dan pulang dari ladangnya.

“Tadinya kalau hujan sedikit saja jalan ini sangat licin. Jangankan sepeda motor, kadang jalan kaki saja kita sudah melewatinya,” tandas Nasrun. (syaiful/hm17)

Related Articles

Latest Articles