16.6 C
New York
Wednesday, May 1, 2024

Sumut Bebas Zona Merah, Siantar-Simalungun Zona Kuning

Medan, MISTAR.ID

Kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara terus mengalami penurunan. Hal ini mempengaruhi zona atau daerah penyebaran virus corona.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Satgas Penanganan Covid-19 pusat melalui website resminya, saat ini jumlah zona kuning atau risiko rendah di Sumut meningkat dibanding pekan lalu yakni dari 22 daerah menjadi 28 daerah.

Sedangkan untuk zona oranye atau risiko sedang mengalami penurunan dari sebelumnya 11, kini menyisakan lima daerah saja. Sedangkan zona merah ataupun risiko tinggi tidak ada.

Baca Juga:Angka Covid-19 Turun, Pemakaian BOR di Sumut Hanya 20 Persen

Adapun ke-28 daerah berzona kuning tersebut yakni, Pakpak Bharat, Samosir, Nias Barat, Tanjungbalai, Labuhanbatu, Madina, Palas, Gunung Sitoli, Tapteng, Nias, Deli Serdang, Dairi, Toba. Kemudian Paluta, Labusel, Sibolga, Tapsel, Karo, Simalungun, Humbahas, Nias Utara, Binjai, Padangsidimpuan, Taput, Langkat, Asahan, Nias Selatan dan Pematangsiantar.

Sementara untuk daerah berzona oranye, daerah yang ada yaitu Tebingtinggi, Sergai, Batubara, Labura serta Medan. Namun untuk zona hijau, sejauh ini masih tetap nol.

Seperti diketahui, penetapan status zonasi risiko daerah ini dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 berdasarkan data hasil pembobotan skor pada 12 September 2021. Data itu didapat dari hasil setiap perhitungan indikator baik epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan yang diperbaharui secara mingguan.

Baca Juga:Sumut Urutan Ke 4 Terbanyak Kasus Covid-19

Sementara itu, terkait perkembangan kasus Covid-19, Provinsi Sumut hari ini masih mencatatkan penambahan 215 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga totalnya naik menjadi 102.650 orang. Sedangkan untuk kasus sembuh diperoleh penambahan 715 kasus, menjadi 95.837 orang.

Kemudian untuk kasus kematian, diperoleh penambahan 25 kasus menjadi 2.711 orang. Oleh karena itu, saat ini diketahui kasus aktif Sumut sebanyak 4.102 atau turun 525 poin dari hari sebelumnya sebanyak 4.627 kasus. (saut/hm12)

Related Articles

Latest Articles