6.9 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Sumut-Aceh Diguncang Gempa 39 Kali Sejak 25 November-1 Desember 2022

Medan, MISTAR.ID

Pusat Gempa Regional (PGR) I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah 1 Medan mencatat, 39 gempa bumi terjadi di Sumut dan Aceh pada minggu pertama bulan Desember 2022.

Analis gempa PGR 1 Chichi Nurhafizah mengatakan, pada periode 25 November hingga 1 Desember 2022, 39 kali gempa yang terjadi tersebut berkekuatan lebih kecil dari 4.0 Magnitudo.

“Dilihat dari sebaran episenternya, 24 kejadian gempa bumi terjadi di darat dan 15 kejadian gempa yang terjadi berlokasi di laut,” ujarnya, Sabtu (3/11/22).

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,6 Melanda Cianjur, Terasa hingga Jakarta

Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan Eridawati menambahkan, pada minggu pertama bulan Desember 2022, aktivitas kegempaan relatif meningkat jika dibanding kejadian gempa bumi pekan lalu.

“Itu dapat dilihat dari distribusi gempa bumi pada periode ini yang menyebar di sepanjang sesar besar Sumatera, khususnya pada segmen Aceh Tengah, Toru serta di wilayah subduksi,” ungkapnya.

Namun, Eridawati mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak perlu panik. Selain itu, masyarakat juga diminta tetap merespon dengan cepat informasi dari BMKG. (ial/hm09)

Related Articles

Latest Articles