8 C
New York
Saturday, April 27, 2024

SMK Tunas Karya Wisuda 138 Lulusan, Ali Yusuf: Persaingan Kedepan Semakin Ketat

Deli Serdang/MISTA.ID

Wakil Bupati Deli Serdang, M Ali Yusuf Siregar berharap, agar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tunas Karya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Setelah tamat, kalian harus bisa menjadi lebih baik. Jadi mulai besok, kalian sudah bisa memberikan motivasi dan semangat minimal pada keluarga untuk terus mencari ilmu guna melanjutkan ke perguruan tinggi. Hal ini penting saya sampaikan, karena persaingan untuk mencari atau pun masuk pekerjaan saat ini cukup ketat. Dan yang diterima bekerja adalah produk perguruan tinggi,” kata Yusuf ketika menghadiri wisuda purna siswa SMK Swasta Tunas Karya, Batangkuis Tahun Ajaran (TA) 2022-2023 di Prime Plaza Hotel Batangkuis, Selasa (6/6/23).

Yusuf menjelaskan, melihat kondisi saat ini, para pelajar harus bisa bersaing bukan saja dengan sesama manusia, tetapi juga perkembangan teknologi dan sebagainya. Menurutnya, hal ini harus bisa disiasati agar tidak ketinggalan. Wabup mencontohkan, seperti di Kecamatan Batangkuis sudah berdiri beberapa hotel.

Baca juga: STMIK Royal Kisaran Wisuda 151 Sarjana dan Ahli Madya Angkatan XI dan XX

“Kalian harus bisa bersaing. Tetapi dengan catatan bahwa ilmu yang dimiliki harus baik, dan tidak sembarang saja begitu tamat SMK terus berhenti menimba ilmu. Karenanya, kalian harus terus melanjutkan ke perguruan tinggi,” harapnya

Kepada orang tua siswa yang hadir, Yusuf mengingatkan agar terus membimbing putra-putrinya supaya tidak bingung dan salah melangkah, setelah menamatkan pendidikannya di SMK.

Atas nama Pemkab Deli Serdang, Yusuf menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh purna siswa dalam menyelesaikan pendidikan di SMK Tunas Karya. “Semoga momentum kelulusan ini dapat melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kompeten sesuai bidang studi yang ditekuni,” paparnya.

Baca juga: Hadiri Wisuda Purna Siswa SMK Swasta Al Washliyah 2 Perdagangan, Bupati : Tetap Berjuang dan Belajar

Kata Yusuf, dalam melahirkan SDM yang unggul dan siap bersaing dalam dunia kerja, bukan hanya tugas pihak sekolah dan pemerintah. Meskipun saat ini SMA/SMK berada dalam koordinasi pemerintah provinsi, namun Pemkab Deli Serdang tidak akan lepas tangan untuk memegang komitmen bersama memberikan yang terbaik pada seluruh pelajar yang menimba ilmu di Kabupaten Deli Serdang.

Ketua Yayasan Perguruan Tunas Karya Batangkuis, Endang Poerwanto dalam sambutannya menjelaskan, jumlah yang diwisuda sebanyak 138 orang, terdiri dari beberapa keahlian yakni keahlian atau kompetensi perhotelan, tata boga, akuntansi dan keuangan lembaga, serta otomatisasi dan tata kelola perkantoran.

Endang juga menyampaikan terima kasih kepada dunia usaha dan dunia industri yang selama ini telah menjalin kerja sama dengan Yayan Pendidikan Tunas Karya dalam memberikan bimbingan. Sehingga bisa meluluskan anak didik di sekolah tersebut.

Baca juga: 39 Wisudawan Profesi Gizi Fakultas Teknik Unimed Dikukuhkan

“Alhamdulillah pada tahun lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menetapkan SMK Tunas Karya menjadi SMK Pusat Keunggulan. Dengan predikat ini kami terus mencoba lulusan untuk melahirkan para lulusan untuk berpredikat BMW dalam arti bekerja, melanjutkan pendidikan dan berwirausaha,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Yudi Hilmawan, Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Tunas Karya, Meiyanti, General Manager (GM) Wing Hotel Kualanamu, Indra Wirawan dan orang tua para pelajar. (rinaldi/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles