11.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

SMAN 2 Pangaribuan Akan Dibangun, Ketua DPRD Taput Sebut Ini Alasannya

Taput, MISTAR.ID

Pembangunan gedung sekolah SMA Negeri 2 Rahut Bosi, Kecamatan Pangaribuan, Kabupaten Tapanuli Utara, dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Pembangunan sekolah itu berkat perjuangan Bupati dan Ketua DPRD Taput.

“Saya selaku pengurus partai PDIP dan juga Ketua DPRD Taput bersama Bupati Nikson Nababan dapat memperjuangkan agar berdirinya SMA di Desa Rahut Bosi untuk kepentingan masyarakat. Selama ini belum ada SMA di Pangaribuan. Sehingga Gubernur melalui Kadis Pendidikan Sumut menyetujuinya,” ujar Ketua DPRD Taput Rudi Aripin Nababan kepada MISTAR.ID, Kamis (6/4/23) di rumah dinasnya.

Dia mengungkapkan, selama ini siswa/i dari Kecamatan Pangaribuan untuk melanjutkan sekolah ke tingkat SMA selalu ke luar daerah dengan mengeluarkan biaya yang sangat tinggi.

Baca Juga:2023, SMAN Akan Berdiri di Rahut Bosi Pedalaman Taput

“Contohnya biaya kos, makan dan biaya lainnya. Tapi setelah berdirinya gedung SMA negeri di Pangaribuan nanti pasti akan membantu beban para orang tua,” katanya.

Lebih lanjut Rudi menyebutkan, setiap tahunnya jumlah para siswa/i dari Pangaribuan untuk sekolah ke tingkat SMA ke luar daerah Pangaribuan kurang lebih 300 orang.

Oleh karena itu, sebut Rudi, dirinya selaku warga Taput mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumut yang menyetujui pembangunan SMA negeri di Kecamatan Pangaribuan yang diperkirakan menelan biaya anggaran Rp3 miliar.

Baca Juga:SMA Baru Akan Dibangun di Wilayah Terpencil Pangaribuan Taput

“Kecamatan Pangaribuan saat ini memiliki 26 desa. Lokasi berdirinya SMA negeri di Pangaribuan diberikan warga desa dengan pemberian hibah dan ditandatangani 45 KK untuk menjadi aset Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

Sementara itu beberapa warga Pangaribuan kepada MISTAR.ID mengaku sangat bangga atas berdirinya gedung SMAN 2 di Kecamatan Pangaribuan. Mereka mengaku sudah lama menantikan berdirinya gedung SMA di daerah mereka.

“Kami berterima kasih kepad Ketua DPRD Taput yang memperjuangkan dan membuat pertemuan agar kami warga bersatu untuk memberikan lahan hibah ke Pemprov sehingga direstui pembangunannya oleh Dinas Pendidikan Sumut,” ujar H Gultom, salah seorang warga Rahut Bosi Pangaribuan.

Baca Juga:Persiapan UAS, Cabdis Siantar Sidak SMAN 1 Hutabayu Raja Simalungun

Kacabdis SMA/SMK wilayah Humbang Taput A Silalahi saat dihubungi MISTAR.ID, Jumat (7/4/23), membenarkan rencana pembangunan SMA Negeri 2 di Rahut Bosi.

“Tapi tender proyek tersebut belum naik,” ujarnya. (fernando/hm14)

Related Articles

Latest Articles