28.6 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Rumdis Wali Kota Sibolga Tak Pernah Dihuni, Proyek Rehab Tetap Dilakukan

Sibolga, MISTAR.ID

Sejak Jamaluddin Pohan dilantik menjadi Wali Kota Sibolga pada tahun 2019, rumah dinas (rumdis) yang terletak di perempatan Jalan Sutoyo – Jalan FL Tobing tak pernah digunakan. Namun, dalam beberapa tahun ini proyek rehabilitasi yang nilainya hingga milyaran rupiah dari dana APBD tetap saja dialokasikan.

Informasi dihimpun, Selasa (25/6/24), nyaris tak ada petugas Satpol PP yang biasa menjaga rumah dinas Wali Kota Sibolga. Gerbang lokasi keluar masuk mobil hanya terbuka sedikit saja. Mobil yang biasanya digunakan orang nomor satu di Sibolga itu tak ada ditemukan.

Warga yang kediamannya berdekatan dengan rumdis Wali Kota Sibolga di Kelurahan Kota Beringin, Kecamatan Sibolga Kota itu mengatakan, Wali Kota Sibolga Jamaludin Pohan sejak dilantik tak pernah menghuni rumah besar berlantai 2 dengan cat warna putih dan pekarangan yang lumayan luas tersebut.

“Sejak pak Jamaluddin Pohan dilantik, tak pernah rumah dinas ini dihuni,” kata Pakpahan.

Namun, Pakpahan mengingat tetap saja ada rehabilitasi rumah dinas tersebut seperti pembangunan gerbang yang berukir seperti ukiran yang eksklusif. “Pada tahun 2020 ada nampak di plang proyek dana dari APBD Kota Sibolga sekira Rp700 juta,” jelasnya.

Baca Juga : Kinerja Sejumlah Pejabat di Sibolga Dinilai Lambat, Wali Kota Harus Lakukan Mutasi

Ditambahkannya, pada 2 tahun berikutnya ada rehab pagar keliing dan perehaban taman di bagian dalam rumdis tersebut. “Selama tiga tahun anggaran diduga ada milyaran rupiah yang dialokasikan dari APBD Kota Sibolga,” ungkapnya.

Menurut informasi yang diperoleh dari sejumlah ASN di Pemko Sibolga, selama ini mereka sering melaksanakan rapat dan pertemuan di rumah pribadi di salah satu komplek perumahan yang juga merupakan properti Jamaluddin Pohan di Kota Pandan, Kabupaten Tapteng.

“Ada sekitar 9 Km jarak dari Kota Pandan dengan kantor Wali Kota Sibolga. Tentu saja menambah operasional kami para ASN,” ucap beberapa ASN yang tak bersedia indentitasnya dipublikasikan.

Kabag Umum Pemko Sibolga Azriadi yang tupoksinya mengurusi keperluan dan kebutuhan rumah tangga Wali Kota dan keluarga belum memberikan penjelasan. Konfirmasi via Whats App juga belum dia balas. (poltak/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles