16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Reses Anggota DPRD Sumut Di Taput, Warga Keluhkan Penggalian Pasir Di Sungai Situmandi

Taput, MISTAR.ID

Anggota DPRD Sumut Tuani Lumbantobing melakukan reses II pada tahun sidang III 2021-2022 di Kelurahan Hutatoruan IX, Simaungmaung Pancuran, Kelurahan Hutatoruan IX, Tarutung, Tapanuli Utara, Senin (7/3). Ini merupakan sebagai titik pertama masa resesnya yang akan dilakukan secara maraton di sejumlah kelurahan/desa di wilayah itu.

Politisi PDIP ini menerima sejumlah aspirasi warga, terkait bantuan dari pemerintah untuk menopang perekonomian. Seperti, ternak bebek dan benang untuk bahan kerajinan ulos serta usulan perlu diadakan pelatihan khusus menyikapi virus ternak babi yang menyerang kawasan, apakah masih layak dipertahankan atau beralih ke pertenakan domba atau hewan lainnya.

Kendati demikian, Tuani yang duduk di Komisi A DPRD Sumut ini mengingatkan agar masyarakat juga fokus dan memanfaakan waktu dan kesempatan dalam melakukan aktivitasnya.

Baca Juga:Reses III Anggota DPRD Medan, Warga Keluhkan Jalan Rusak dan Drainase

Reses Tuani di wilayah ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Simaungmaung dari Dusun Huta Tua, Hariara Nagodang, Bulu Godang Huta Pansuran dan Huta Harambir. Sejumlah tokoh masyarakat  Kelurahan Hutatoruan IX juga terlihat di antaranya Binsar Lumbantobing, Maruhum Lumbantobing, Edy P Lumbantobing dan Mile Lumbantobing.

Tuani sendiri didampingi bendahara DPC PDIP Taput Tiurma Silitonga dan ketua relawan, Oppo Tua Lumbantobing.

Mantan Bupati Tapteng dua periode ini banyak menyerap aspirasi, warga pun tidak sungkan menyampaikan keluhannya. Dia pun mendorong dibentuknya kelompok-kelompok petani dan perajin, sembari mengarahkan agar masyarakat dalam mengusulkan permohonan bantuan lebih mengedepankan prioritas secara umum.

Baca Juga:Kunjungan Reses Anggota DPRD Sumut, Masyarakat Galang Deli Serdang Dapat 200 Paket Sembako

Pada hari yang sama, Tuani juga melakukan masa resesnya di Desa Siraja Hutagalung, Kecamatan Siatas Barita dan Desa Sakkaran, Kecamatan Siatas Barita.

Di Desa Si Raja Hutagalung, dia disambut warga, termasuk Camat Siatas Barita Elyanto Sitompul dan tokoh masyarakat yang juga mantan anggota DPRD Taput Dorgis H Hutagalung.

Di sini, warga memohon usulan pembangunan irigasi, bantuan pemberian bantuan ternak dan hand tractor.

Baca Juga:Reses Anggota DPRD Sumut ke Toba, Ini yang Disarankan Jubel Tambunan Pada Warga

Warga dari sejumlah dusun juga mengungkapkan keluhannya terhadap aktivitas penggalian pasir yang telah masif dilakukan di sepanjang Sungai (Aek) Situmandi, termasuk menyangkut izin galian C.

Menurut warga, penggalian di sepanjang Sungai Situmandi telah berdampak kualitas dan produktivitas pertanian (padi), disusul semakin seringnya terjadi longsor di pinggiran sungai.

“Mohon kiranya permasalahan ini  menjadi perhatian pemerintah provinsi terhadap eksistensi dan keselamatan Sungai Situmandi dan penyelamatan kawasan pemukiman di pinggiran sungai. Sekarang sungai ini sudah sangat dangkal akibat penggalian pasir,” ungkap Jefri Simanjuntak dan Otto Simatupang. (jan/hm14)

Related Articles

Latest Articles