12.6 C
New York
Monday, May 13, 2024

Realisasi PBB-P2 Batu Bara Masih Rendah di 133 Desa

Batu Bara, MISTAR.ID

Meski tahun 2023 tinggal hitungan hari, namun realisasi pencapaian Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Batu Bara masih rendah.

Berdasarkan surat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batu Bara, Norma Deli Siregar disebutkan, dari 151 Desa/Kelurahan, per 30 November 2023, realisasi pencapaian PBB-P2 sebanyak 113 Desa/Kelurahan masih mencapai di bawah 60%.

Bahkan 13 Desa pencapaian PBB-P2 nya masih di bawah 20%. Pencapaian terendah disandang Kelurahan Pangkalan Dodek, Kecamatan Medang Deras dengan raihan hanya 8%.

Baca juga:Wali Kota Sampaikan PBB-P2 Menjadi Pajak Kedua Terbesar di Kota Siantar

Terkait masih rendahnya pencapaian PBB-P2, Pemkab Batu Bara melalui Sekda mengumpulkan 3 Asisten Setdakab, Kepala Badan Pendapatan Daerah, Inspektur Inspektorat Daerah dan Camat di Aula Kantor Bupati, di Lima Puluh, pada Selasa (5/12/23).

Tak tanggung-tanggung, Sekda menginstruksikan 12 Camat untuk memboyong 113 Kepala Desa (Kades) dan Lurah yang pencapaian PBB-P2 nya masih di bawah 60%.

Pemkab Batu Bara mengumpulkan para pejabat tersebut guna evaluasi capaian target PBB-P2.

Baca juga:Pajak ABT di Sergai Mencapai 200 Persen dari Target yang Ditetapkan

“Demi kelancaran dan pentingnya kegiatan tersebut, agar kehadiran saudara tidak diwakilkan. Kepada Camat agar menghadirkan Kepala Desa/Lurah yang capaian target Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) masih di bawah angka 60%,” isi dari surat Sekda tersebut. (ebson/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles