34.5 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Bupati Dolly Ajak Warganya Bersihkan Hartanya melalui Zakat Mal

Tapsel, MISTAR.ID

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Dolly Pasaribu mengajak masyarakat agar bersihkan hartanya melalui pembayaran zakat mal.

Hal itu disampaikan saat menghadiri pengajian Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di Desa Pargarutan Dolok Kecamatan Angkola Timur, Minggu (12/5/24).

Disebutkannya, bagi yang memiliki simpanan harta ataupun pendapatan yang telah mencapai haul zakat malnya agar dikeluarkan zakatnya.

Baca juga : Monumen Juang Benteng Huraba, Simbol Perjuangan dan Bukti Sejarah di Tapsel

“Karena kalau sudah sesuai nisab 2,5 persen maka harus kita keluarkan, namun jika belum mencapai nisabnya mari kita keluarkan sesuai sunnah dan kerelaan hati agar Allah berikan berkah kepada harta kita,” sebutnya.

Menurutnya, salah satu ciri orang yang bertaqwa adalah yang membayar zakat. Sebab, membayar zakat adalah kewajiban untuk mensucikan jiwa dan harta yang dimiliki.

“Besarannya hanya 2,5 persen, jadi kami menghimbau kepada kita semua yang berkemampuan untuk menyalurkan sebagian hartanya melalui Baznas,” imbuhnya seraya berkata, saat ini telah memasuki bulan Dzulqa’dah artinya persiapan untuk menuju haji.

Baca juga : 1112 Guru PPPK di Tapsel Terima SK pada Hardiknas

Kepada para calon haji, lanjutnya, persiapkanlah kesehatan fisik dan mental, karena kabarnya jemaah haji akan mendapatkan cuaca panas yang mencapai 48-50 derajat celcius.

“Jadi persiapkanlah fisik kita dengan baik agar dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji sehingga kembali ke Tapanuli Selatan menjadi haji mabrur dan mabruroh,” tambahnya. (amran/hm18)

Related Articles

Latest Articles