18.9 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

PWI dan Kominfo Asahan Buka Peluang UKW Untuk 54 Peserta

Asahan, MISTAR.ID

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan bersama Dinas Kominfo akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang direncanakan berlangsung pada akhir bulan Desember 2022.

“Benar akan dilaksanakan UKW bulan Desember. Tentunya kami ucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Asahan yang telah memperhatikan peningkatan SDM dan profesionalisme wartawan di Asahan,” kata Ketua PWI Asahan Indra Sikumbang saat dihubungi wartawan, Rabu (26/10/22).

Indra bersama Kepala Dinas Kominfo Asahan Syamsuddin menyebutkan, UKW yang pertama kali akan digelar di Asahan itu diharapkan bisa memberikan semangat dan motivasi kepada rekan-rekan wartawan Asahan agar lebih profesional dalam menjalankan profesi sehari-hari.

Baca Juga:Pemkab Simalungun akan Laksanakan UKW 6 s/d 7 Desember 2022

“Direncanakan akan diikuti oleh wartawan Asahan sebanyak 54 peserta atau 9 kelas di tingkat muda. Sementara, untuk pendaftaran peserta akan dibuka mulai 25 Oktober dan ditutup pada 30 Oktober 2022, bertempat di kantor PWI Asahan,” ujarnya.

Dijelaskan Indra, untuk peserta UKW kelas muda, wajib memenuhi persyaratan seperti, mengisi formulir sesuai format, surat rekomendasi dari redaksi, SK Kemenkumham media, sertifikat verifikasi faktual. Jika belum, lampirkan akta perusahaan dan syarat lainnya.

“Seluruh persyaratan tersebut diserahkan kepada sekretariat PWI Asahan dalam bentuk hard copy dan soft copy. Mengenai persyaratan administrasi lainnya sesuai standar Dewan Pers, silakan menghubungi Sekretariat PWI Asahan, sekalian mengambil formulir pendaftaran,” ujar Indra.

Baca Juga:Peraturan Dewan Pers 2021: Wartawan Senior Sudah Boleh Langsung Ikuti UKW Utama

Sementara itu, Kadis Kominfo Asahan Syamsuddin mengatakan kegiatan UKW merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemkab Asahan untuk meningkatkan SDM wartawan sehingga bisa menjadi wartawan yang profesional.

“UKW ini salah satu merupakan program penguatan SDM khususnya para kawan kawan wartawan,” katanya. (perdana/hm14)

Related Articles

Latest Articles