23.4 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Polres Tebing Tinggi Peringati HUT Bhayangkara Ke-77, Polisi Harus Bersih

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon pimpin upacara parade peringatan HUT Bhayangkara Ke 77 Tahun 2023, di Lapangan Merdeka Kota Tebing Tinggi. Sabtu (1/7/23)

Saat upacara itu, Andreas menyampaikan amanat tertulis dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Kepada Polri disampaikan selamat mengabdi kepada rakyat bangsa dan negara kerena setiap saat anggota Polri bersentuhan langsung dengan rakyat.

Polri diminta wajib memelihara keamanan dan ketertiban, wajib menegakkan hukum dan keadilan wajib melindungi mengayomi dan melayani masyarakat karena setiap saat Polri selalu diawasi rakyat,” ujar Kapolres dihadapan Pj Walikota dan Forkopimda serta sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: HUT Bhayangkara ke-77, Kapolres Samosir Minta Anggotanya Bekerja Profesional

Setiap saat kepercayaan kepada Polri akan selalu diuji disurvei di beberapa lembaga tinggi tingkat kepercayaan rakyat terhadap Polri.

“Saya sedikit senang ada peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang di awal tahun 2023 sekitar 60% saat ini sudah naik menjadi 70% ini perkembangan baik, tapi masih jauh dari harapan dan masih banyak keluhan terhadap Polri yang perlu ditindaklanjuti. Oleh karena itu Polri harus terus memperbaiki diri terus berbenah harus terus melakukan reformasi,” lanjutnya.

Terhadap Keluarga Bhayangkara, Presiden Jokowi merasa bangga, Namun banyak tugas yang menanti, semua program pemerintah membutuhkan dukungan Polri dukungan penegakan hukum dan keadilan dan berbagai pelayanan yang melibatkan anggota Polri.

Baca juga: Jelang HUT Bhayangkara ke-77, Polres Simalungun Gelar Doa Lintas Agama

Terkait kewenangan Polri, Presiden RI dalam amanatnya yang dibacakan Kapolres mengingatkan, Saya ingin menekankan beberapa hal kewenangan Polri itu besar kekuatan Polri itu juga besar.

“Oleh sebab itu harus digunakan secara benar seluruhnya dan seadil-adilnya jangan ada yang disalahgunakan, jangan ada yang dibelok-belokkan, jangan ada lagi persepsi hanya tajam ke bawah tapi tumpul ke atas lindungi masyarakat ke bawah berikan kepastian hukum kepada masyarakat,” tegasnya.

Baca juga: Ternyata ini Asal-usul Nama Bhayangkara yang Kini Melekat Pada Korps Kepolisian

Memasuki Pemilu tahun 2024, Presiden juga meminta Polri mengedepankan pencegahan dan harus mengawal program prioritas nasional termasuk pembangunan ibukota negara selain itu antisipasi tidak kejahatan yang semakin canggih yang memanfaatkan teknologi baru.

“Institusi Polri itu bisa diibaratkan seperti sapu lidi masing-masing harus bersih harus lurus dan kuat semua batang lidi harus diikat bersatu padu bersinergi, Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia yang ke 77,” tutup Kapolres membacakan pidato dari Presiden RI, Jokowi Dodo. (nazli/hm17)

Related Articles

Latest Articles