16.6 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Plt Bupati Deli Serdang Serahkan Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Tahap II Bagi 767 KRS

Deli Serdang, MISTAR.ID

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, M Ali Yusuf Siregar menyerahkan bantuan tahap II (Oktober dan November 2023) kepada penerima bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) kepada Keluarga Risiko Stunting (KRS) melalui PT Pos Kantor Cabang Utama (KCU) Medan di Kecamatan Patumbak, pada Kamis (30/11/23).

Penyerahan bantuan yang dilakukan di halaman Kantor Camat Patumbak tersebut diperuntukkan bagi 767 KRS.

Ali Yusuf yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Deli Serdang, mengatakan untuk mewujudkan visi Deli Serdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya religius dan rukun dalam kebhinekaan, Pemkab setempat terus melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat, salah satunya stunting.

Baca juga:Pemerintah Perpanjang Bantuan Pangan Beras Hingga Akhir Tahun 2023

“Untuk Kabupaten Deli Serdang, persentase stunting sekarang berada di kisaran 13 persen. Masih di bawah persentase Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Kabupaten/Kota lain di Sumut,” paparnya.

Tahun 2023, Bapanas berdasarkan surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia No.B.0441/SESKAB/EKON/09/2023, Tanggal 2 September 2023, tentang Percepatan Pelaksanaan Bantuan Pangan Beras dan Bantuan Pangan untuk Stunting, ID FOOD, PT Pos Indonesia, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Deli Serdang telah bekerja sama dalam penyaluran bantuan tersebut.

Plt Bupati mengajak masyarakat dan pihak terkait lainnya untuk mendukung agar penyaluran CPP yang merupakan program pemerintah pusat ini dapat berlanjut. Sehingga target prevalensi stunting 14 persen tahun 2024 dapat segera tercapai.

Baca juga:Penyaluran Bantuan Beras Pemerintah Sudah Berjalan di Seluruh Kabupaten/Kota Sumut

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Deli Serdang, TM Zaki Aufa menyampaikan, penyaluran bantuan dilakukan 2 tahap. Pertama, pada bulan Maret, April dan Mei (3 bulan), sebanyak 6.513 KRS dan sudah selesai dilaksanakan.

“Alhamdulillah, keluar lagi tahap kedua untuk bulan September, Oktober dan November. Bulan September sudah diterima dan ini sekaligus diberikan untuk Oktober dan November. Di Kabupaten Deli Serdang penerima bantuan pada tahap kedua ini bertambah sebanyak 12.392 KRS,” rincinya.

Bantuan yang diberikan, antara lain 1 paket berisi 1 ekor ayam (daging ayam utuh beku) siap masak dan 10 butir telur.

Baca juga:Warga Siantar Bahagia Terima Bantuan Pangan di Tengah Melonjaknya Harga Beras

“Ini diterima 2 paket untuk KRS. Yang diserahkan nantinya merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk menjaga agar program percepatan pencegahan stunting di seluruh Indonesia. Pemkab Deli Serdang juga sudah menganggarkan dana agar masyarakat tidak ada lagi terkena risiko stunting,” beber Zaki.

Eksekutif General Manager PT Pos KCU Medan, Mujiono menjelaskan, keterkaitan pihaknya dalam penyaluran bantuan CPP tersebut, yakni diberi penugasan untuk mendukung program-program pemerintah. Salah satunya dari Bapanas dalam penyaluran bantuan cadangan pangan.

PT Pos sudah melaksanakan penyaluran sejak awal bulan November sampai saat ini dengan realisasi sebesar 76 persen, serta akan ditargetkan pada 5 Desember 2023, selesai 100 persen. (rinaldi/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles