18.4 C
New York
Wednesday, May 8, 2024

PKK Sumut Monitoring Desa Binaan Pelaksana UP2K di Samosir 

Samosir, MISTAR.ID 

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara melakukan monitoring dan penilaian desa binaan pelaksana Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) tingkat Sumut tahun 2023 di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Kamis (8/6/23).

Kegiatan yang dihadiri Ketua Tim Monitoring, Netty Hernita, Ketua Pokja II PKK Sumut, Bidasari Daulay, serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumut di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan itu didampingi langsung oleh Bupati, Vandiko Gultom.

Kepala Desa (Kades) Lumban Suhi-Suhi Toruan, Raja Simarmata menyampaikan, dengan kunjungan tim monitoring itu akan menjadi motivasi pihaknya untuk lebih meningkatkan pelayanan dan peningkatan ekonomi keluarga melalui program UP2K PKK.

Baca juga: Kunker PKK Sumut Monitoring Kelurahan Terbaik 2023 di Tebing Tinggi

“Program ini sangat bermanfaat dan sudah dirasakan masyarakat, dengan hanya pengolahan sederhana dapat menghasilkan produk-produk yang siap dipasarkan dengan memanfaatkan bahan baku lokal hasil pertanian,” katanya.

Ketua PKK Kabupaten Samosir, Harta Rohana M Sitanggang menyebutkan, masyarakat sudah mengalami berbagai peningkatan, setelah PKK Sumut melakukan supervisi di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan sebagai desa binaan pelaksana UP2K PKK.

Disebutkan, peningkatan itu di antaranya perkembangan usaha yang dirintis bermula dari peningkatan pendapatan keluarga, munculnya produk-produk turunan, sistem pembayaran digital, adanya toko PKK baik secara fisik dan digital, serta mendapat juara pertama lomba vlog tingkat nasional.

Baca juga: Sambut Hari Kesehatan, PKK Sumut Gelar Seminar Pencegahan Diabetes

Sementara itu, Netty Hernita mengatakan, monitoring ini merupakan salah satu agenda penting yang dilaksanakan pihaknya melalui 10 program pokok PKK. Dengan tujuan, supaya gerakan PKK benar-benar nyata ada ditengah-tengah keluarga dan masyarakat, para kader PKK maupun kelompok dasawisma.

“Monitoring dilaksanakan di Desa dan Kelurahan pelaksana terbaik kegiatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang menjadi binaan PKK Kabupaten dan Kota serta PKK Kecamatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Vandiko berharap, melalui lomba UP2K-PKK dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mendorong inovasi produk unggulan desa dan menumbuhkan wirausaha baru dan mandiri.

Baca juga: Ketua TP-PKK Sumut Minta Sekolah Ramah Anak Diimplementasikan di Masyarakat

Vandiko mengatakan, PKK sebagai mitra pemerintah daerah memiliki peran penting dalam membantu mewujudkan visi dan misi untuk mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

“Samosir sebagai daerah pariwisata super prioritas, tentu akan semakin cepat berkembang bila didukung oleh sinergitas dari seluruh pihak, termasuk PKK melalui 10 program pokok pkk,” katanya mengakhiri. (josner/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles