17.8 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Pantau UP2K di Dairi, Ini Dorongan Ketua PKK Sumut

Sidikalang,MISTAR.ID

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga(TP PKK) Provinsi Sumatera Utara, Nawal Edy Rahmayadi mengajak masyarakat, khususnya di Kabupaten Dairi agar menjauhi narkoba dan harus menjadi pelopor maupun pelapor kasus pelecehan seksual terhadap anak.

Ajakan itu disampaikan Nawal didampingi Ketua PKK Kabupaten Dairi, Romy Mariani Eddy Berutu saat melakukan monitoring Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Balai Desa Silalahi II, Kecamatan Silahisabungan, Rabu (14/6/23).

Dipaparkan Nawal, saat ini kondisi kejahatan narkoba sudah menyerang kawasan perdesaan. Sebab di kota-kota besar menurutnya, para pelaku tindak kejahatan narkoba sudah terpantau.

Baca juga: PKK Sumut Monitoring Desa Binaan Pelaksana UP2K di Samosir 

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut ini mengajak masyarakat agar lebih fokus pengawasan terhadap anak-anak, sehingga tidak menjadi korban pelecehan seksual, Nawal menyampaikan, kasus pelecehan seksual  terhadap anak sangat meningkat.

Untuk itu ia mengajak para ibu-ibu, khususnya anggota PKK agar menjadi pelopor dan pelapor terhadap indikasi kasus pelecehan seksual terhadap anak. “Jangan takut, ibu-ibu PKK harus jadi pelopor dan pelapor soal kasus pelecehan anak,” ujar Nawal.

Sementara Romy Mariani memaparkan, ada 4 Kelompok Kerja (Pokja) PKK Sumut melakukan monitoring di Kabupaten Dairi. Di antaranya Desa Silalahi II Pokja 2 menyangkut UP2K, Pokja 1 dengan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR).

Lalu, Pokja 3 Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) di Desa Sigambir-gambir,  Kecamatan Siempat Nempu Hulu, dan Pokja 3 Hatinya PKK di Desa Pasi, Kecamatan Berampu.

Baca juga: Kunker PKK Sumut Monitoring Kelurahan Terbaik 2023 di Tebing Tinggi

Kepala Desa (Kades) Silalahi II, Belman Silalahi menyebutkan, ada 91 Kelompok Pelaksana (Poklak) ragam usaha di Kecamatan Silahisabungan. Dikatakan, rata-rata prodaknya sudah menembus pasar, di antaranya bawang goreng, stik sitohap, peyek sitohap, abon ikan porapora dan ulos, dimana dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Budianta Pinem, Asisten II  Pembangunan, Jonni W Purba, Kadis Perindagkop, Iwan Teruna Berutu, Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Agel Siregar, Camat Silahisabungan, Landong Napitu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Negeri  1  Sumbul, SMAN 1 Silahisabungan, SMAN 1 Tigalingga dan SMAN 2 Sidikalang

Rombongan PKK Sumut didampingi Kadis Koperasi dan Kadis PMD akan melakukan kunjungan monitoring selama 2 hari di Kabupaten Dairi. (manru/hm16)

 

Related Articles

Latest Articles