22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Pj Bupati Paluta Serahkan Penghargaan Menpan RB ke OPD

Paluta, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara (Paluta), Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan menyerahkan piagam penghargaan atas penilaian Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) dan penilaian Ombudsman RI kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pada Senin (29/1/24).

Penilaian PEKPPP meliputi 6 aspek, yakni kebijakan pelayanan publik, profesionalisme Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Patuan dalam sambutannya berpesan kepada seluruh OPD mempertahankan nilai yang telah diraih, serta terus bersinergi untuk memajukan Kabupaten Paluta.

Baca juga:Pj Bupati Paluta Lantik 105 Kades Terpilih dan 1 PAW

“Ke depannya kita berharap seluruh OPD bisa mempertahankan dan meningkatkan nilai yang telah diraih. Dan terus bersinergi sesama OPD untuk memajukan Kabupaten Paluta,” ujarnya.

Dalam penilaian PEKPPP terdapat 4 fokus penilaian pelayanan publik, yaitu Sekretariat Daerah dengan nilai 3,75, RSUD Gunung Tua nilai 4,15, Dinas Sosial (Dinsos) nilai 4,05 dan Kecamatan Batang Onang nilai 3,05.

Sementara itu tolak ukur dalam penilaian Ombudsman RI ada 4 indikator, yaitu input, proses, output dan pengelolaan pengaduan.

Baca juga:Jamin Ketersedian Bahan Pokok, Pj Bupati Pantau Sejumlah Pasar di Paluta

Dalam opini kepatuhan pelayanan publik ini dirincikan sebanyak 4 OPD dan 2 UPTD Puskesmas, di antaranya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) nilai 91,12, Dinsos nilai 90,16, Puskesmas Portibi nilai 89,37, Dinas Pendidikan (Disdik) nilai 87,74, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) nilai 83,74, serta Puskesmas Pasar Matanggor nilai 73,83. (hotma/hm16)

Related Articles

Latest Articles