17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Pesan Wabup Labusel Tentang Pengelolaan Sampah Saat Apel Gabungan

Labusel, MISTAR.ID

Wakil Bupati (Wabup) Labuhanbatu Selatan (Labusel) H Ahmad Padli Tanjung mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) sebagai pelayan masyarakat dituntut menjadi garda terdepan dalam menyosialisasikan berbagai program pembangunan yang telah dilakukan kepada masyarakat.

Hal itu sesuai amana Undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 bahwa pembangunan ekonomi nasional harus diselenggarakan berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Wabup mengatakan, Pemkab Labusel telah melakukan berbagai program dan kegiatan peduli lingkungan, untuk melindungi Sumber Daya Alam (SDA) dan ekosistem yang ada untuk kelangsungan hidup manusia dimasa yang akan datang.

Dilanjutkan, permasalahan sampah sering kali dianggap sebagai sesuatu yang menggangu manusia dan kehidupannya. Permasalahan ini terjadi hampir sisetiap tempat baik kabupaten/kota di Indonesia.

“Sampah selain mengurangi nilai estetik suatu tempat, menimbulkan bau yang tidak sedap, memberikan kesan kumuh, juga berdampak buruk terhadap kesehatan, sampah juga akan menjadi tempat berkembang biak segala macam penyakit,” ujarnya, Senin (11/12/23).

Baca Juga : Wabup Labusel Buka Acara Penilaian Akreditasi RSUD Kotapinang

Berdasarkan data yang dikelola Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan tahun 2022, volume potensi sampah Kabupaten Labusel sebanyak 57.322,16 ton/tahun yang terbesar di 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Labusel. Sementara, daya angkut volume sampah Pemkab Labusel masih kecil sekitar 5.842,00 ton/tahun.

Dalam upaya penanggulangan sampah, Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan tahun 2023 melakukan langkah-langkah percepatan terkait perlindungan dan pengelolaan persampahan antara lain menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan persampahan, menyosialisasikan kebijakan pengelolaan persampahan, serta meningkatkan operasi dan pemeliharaan pengelolaan persampahan.

Kemudian meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan, pelatihan teknologi pengelola daur ulang limbah persampahan dan pembinaan sekolah berwawasan lingkungan.

Baca Juga : Bupati Labusel Pimpin Rapat Cipta Kondisi Penanganan Konflik Sosial

“Alhamdulillah pada tahun 2023 ini Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan dapat menambah armada pengangkut sampah berupa becak sampah sebanyak 3 unit. Semoga armada ini dapat meningkatkan kinerja Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan dalam mengendalikan persampahan di Kabupaten Labuhanbatu Selatan,” ucapnya.

Wabup berpesan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan serta ASN agar berperan serta sekaligus menjadi pelopor dan teladan bagi masyarakat Labuhanbatu Selatan terutama dalam hal pengelolaan persampahan. (oel/hm24)

Related Articles

Latest Articles